Wagub DKI Minta Kelurahan Pastikan Pasien COVID Isoman Dapat Obat Gratis

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 14 Jul 2021 12:58 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Foto: Rakha/detikcom
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjamin kebutuhan obat-obatan COVID-19 pasien isolasi mandiri di rumah dapat terpenuhi. Riza mengatakan warga bisa memanfaatkan aplikasi telemedisin untuk mendapatkan kebutuhan obat-obatan.

"Terkait obat sebetulnya pemerintah sudah menyiapkan melalui telemedisin. Jadi masyarakat tinggal mengajukan secara online nanti (obat) segera dikirim," kata Riza kepada wartawan, Rabu (14/7/2021).

Selain itu, Riza mengatakan pihaknya menempatkan petugas di setiap kelurahan untuk membantu warga mengatasi permasalahan pada aplikasi telemedisin. Riza menyebut aplikasi telemedisin bisa digunakan untuk konsultasi terhadap para tenaga kesehatan (nakes).

"Diharapkan tidak ada lagi masalah, nanti bagi yang melaksanakan isolasi mandiri karena secara online bisa berkomunikasi secara online dengan dokter dan perawat. Begitu juga untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan," jelasnya.

Politikus Gerindra itu menjamin kebutuhan warga selama isolasi dapat terpenuhi dengan baik, baik menjalani isolasi di rumah maupun di tempat isolasi terkendali yang ditunjuk pemerintah. Untuk itu, bagi warga yang memilih isolasi mandiri di rumah, dia meminta peran aktif warga rutin melaporkan kondisinya melalui Satgas COVID-19 setempat.

"Mohon yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing tetap melaporkan dan berkoordinasi dengan RT, RW, puskesmas setempat atau satgas COVID setempat. Satgas COVID akan melakukan monitoring, pemantauan, dan pengawalan, dan membantu apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat," sebutnya.

Sebelumnya, Satgas COVID-19 juga merespons maraknya pasien Corona yang wafat saat isolasi mandiri. Satgas mengimbau warga yang tidak mampu menjalani isolasi mandiri agar mendatangi fasilitas yang dapat memberi pelayanan. Dengan demikian, bahaya kematian bisa dihindarkan.

"Kalau tidak mampu untuk melakukan isolasi mandiri, maka lakukan isolasi di tempat yang disediakan oleh pemerintah supaya bisa mendapatkan pengawasan dan penanganan yang baik," kata juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito kepada wartawan, Minggu (11/7).

Dihubungi terpisah, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, menilai kematian orang yang terpapar COVID-19 memang banyak faktornya. Di antaranya karena pasien mengalami pemburukan kondisi saat isolasi atau perawatan.

"Kalau terkait kematian banyak hal ya, bisa saja karena faktor ada penyakit komorbid misalnya ada (penyakit) jantung atau bisa juga perburukan dari kasus COVID-19-nya," ucap dr Nadia.

Nadia menyebut, jika orang terpapar COVID-19 memiliki riwayat penyakit penyerta atau mengalami pemburukan kondisi kesehatan lebih baik dibawa ke rumah sakit rujukan COVID-19. Dia menegaskan bahwa yang mestinya isolasi mandiri adalah orang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan.

Simak juga Video: Ringankan Beban Nakes, Pasien Gejala Ringan Diharapkan Isoman di Rumah

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)