Senangnya Indra Penjualan Hewan Kurban Naik Meski Ada PPKM di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 16:15 WIB
Pedagang hewan kurban di Jambi (Ferdi-detikcom)
Pedagang hewan kurban di Jambi. (Ferdi/detikcom)
Jambi -

Pedagang hewan kurban di Kota Jambi bersyukur omzet mereka naik meski ada PPKM mikro demi menekan laju penyebaran Corona. Namun, pedagang mengaku tak bisa menjual hewan ke luar kota.

"Alhamdulillah, meski adanya PPKM Mikro, penjualan sapi dan kambing yang ada di peternakan saya tidak mengalami penurunan, malah mengalami lonjakan sebesar 30 persen. Namun dengan adanya PPKM Mikro, penjualan hanya bisa dilakukan di dalam Kota Jambi saja, tidak sampai ke luar karena sulit dilakukan," kata salah satu pemilik hewan ternak, Indra, kepada detikcom, Selasa (13/7/2021).

Dia mengatakan penjualan sapi dan kambing untuk kurban pada Idul Adha tahun ini telah dimulai 2 bulan lalu. Menurutnya, penjualan tahun ini naik jika dibanding tahun lalu saat pandemi Corona pertama kali merebak.

"Untuk saat ini saja menjelang Idul Adha penjualan sapi maupun kambing masih tetap dilakukan," ujar Indra.

Indra mengatakan penjualan sapi dan kambing pada 2020 menurun tajam. Dia mengatakan banyak sapi dan kambing yang disiapkan untuk dijual sebagai hewan kurban tak laku pada 2020.

"Kalau tahun lalu kami begitu mengalami dampak yang begitu tajam. Penjualan sangat merosot, hewan kurban bahkan banyak tidak terjual di tahun itu. Kami sangat kesulitan, kami alami rugi besar, namun alhamdulillah tahun ini tidak ada dampak. Meski tidak seramai sebelum pandemi Corona ya," kata Indra.

Pemkot Jambi sendiri telah memeriksa hewan ternak yang dijual menjelang hari raya Idul Adha. Pemkot Jambi juga meminta panitia kurban di Kota Jambi membagikan langsung daging kurban ke rumah-rumah warga.

"Sampai tanggal 20 (Juli) jangan ada pembagian hewan kurban menjadi penumpukan ataupun kerumunan. Panitia harus tetap patuhi prokes, karena PPKM Mikro juga masih berjalan dan untuk hewan kurban yang kita cek juga sudah teruji kesehatannya," ujar Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.

(haf/haf)