Longsor di Seluma Bengkulu, Jembatan Penghubung Antardesa Terputus

Hery Supandi - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 16:00 WIB
Longsor di Seluma, Bengkulu (dok. Istimewa)
Foto: Longsor di Seluma, Bengkulu (dok. Istimewa)
Bengkulu -

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Seluma, Bengkulu, menyebabkan longsor di empat titik. Jembatan penghubung antardesa pun terputus akibat longsor.

Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu, Edi Susanto, mengatakan longsor berdampak pada warga yang bermukim di daerah Kecamatan Lubuk Sandi. Dia mengatakan jembatan yang menjadi akses utama warga terputus.

"Jembatan akses utama Desa Dusun Tengah ke Desa Arang Sapat dan Cawang terputus," kata Edi, Selasa (13/7/2021).

Longsor tersebut dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah Seluma sejak Senin (12/7). Longsor juga merusak tiang listrik hingga menyebabkan aliran listrik terputus.

Edi mengatakan petugas dari PLN sudah berada di lokasi untuk membersihkan material longsor yang menimpa kabel listrik. Dia juga mengatakan warga bergotong royong membersihkan material longsor.

"Warga dan tim sudah bergotong-royong semampunya membersihkan material longsor dan PLN Sedang membersihkan pepohonan yang menimpa kabel listrik," jelas Edi.


Warga di Desa Napal Jungur, Dusun Tengah, Arang Sapat, Talang Kebun, Lubuk Terentang dan Cawang harus menempuh jalur alternatif karena akses utama tertimbun material longsor. Edi juga menyebut pembersihan material longsor terkendala cuaca.

"Saat ini di lokasi bencana sedang hujan disertai angin. Akibatnya menyulitkan petugas melakukan evakuasi karena ada pohon besar di atas tebing yang dapat mengancam petugas di lapangan," tutur.

(haf/haf)