Kakek di Sulut Pakai Alat Seadanya Sulap Gua Jadi Rumah Ditinggali 10 Tahun

Trisno Mais - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 09:41 WIB
Minahasa Utara -

Seorang kakek, Hais Abdjul (60), di Desa Kema 3, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memakai alat seadanya saat menyulap gua menjadi rumah. Dia lalu memilih tinggal seorang diri selama 10 tahun di gua yang telah disulapnya menjadi rumah.

Gua yang disulap Kakek Hais menjadi rumah itu berada di lahan miliknya. Perlu waktu sekitar 2 bulan pada tahun 2010 lalu untuk menyulap gua menjadi rumah.

"Saya kerja sendiri. Cuman pakai betel dan palu untuk memahat tanah," kata Hais ketika dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (13/7/2021).

Menurut Kakek Hais, gua itu dijadikannya sebagai rumah karena memiliki keunikan. Dia juga merasa lebih aman dengan tinggal di gua itu seorang diri.

"Rumah begini harus lihat struktur tanah, lapisan tanah. Biasanya tanah ada lapisan pasir itu yang sering merembes. Di rumah ini biar hujan tujuh hari tidak bisa merembes," katanya.

Hais menjelaskan, alasan tinggal di situ karena dia tak mau memikirkan untuk melakukan perbaikan atau renovasi rumah setiap tahun. Menurutnya, jika di gua, dia tak lagi berpikir tentang biaya renovasi dan jasa tukang.

"Kalau rumah lama-lama kan papan akan ganti. Kalau ini kan tidak perlu ganti seng, cat dinginnya. Di sini yang penting aman lah," jelasnya.

"Kalau kamar dan dapur serta ruang tamu kerja dua bulan, tapi kerja sehari kurang-lebih hanya dua sampai lima jam. Kerja sendiri, tidak kerja full," lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2