Bareskrim Tahan dr Lois yang Diduga Sebar Hoax soal Corona

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 21:10 WIB
Penampakan dr Lois yang ditangkap atas dugaan sebar hoax soal COVID-19
Penampakan dr Lois yang ditangkap atas dugaan sebar hoax soal COVID-19 (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri menahan dr Lois yang tersandung kasus dugaan hoax tentang COVID-19. dr Lois dipindahkan dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim malam ini.

"Laporan Dirtipidsiber (Brigjen Slamet Uliandi) dilakukan penahanan oleh penyidik," ujar Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (12/7/2021).

Agus belum merinci lebih lanjut alasan mengenai penahanan dr Lois. Meski demikian, desakan penahanan terhadap dr Lois memang sudah muncul. Salah satunya pengacara Pitra Romadoni yang mendesak polisi menahannya.

Menurutnya, unggahan dr Lois sejauh ini telah membuat kegaduhan di masyarakat. Pernyataannya yang menyebut COVID-19 tidak berbahaya hingga pernyataan vaksin tidak mampu meningkatkan antibodi terhadap COVID-19 dinilainya telah meresahkan banyak pihak.

"Saya minta kepada Polri untuk menahan yang bersangkutan agar tidak terjadi keributan selanjutnya," ujar Pitra.

Sebelumnya, dr Lois yang belakangan viral karena pernyataan kontroversial soal COVID-19, ditangkap Polda Metro Jaya. Karena pernyataannya itu, dr Lois dianggap telah menyebarkan berita bohong kepada masyarakat luas.

"Dokter L telah menyebarkan berita bohong dan atau menyiarkan berita atau pemberitaan bohong dengan sengaja yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan rakyat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri yang disiarkan melalui YouTube, tadi.

Tonton video 'Penampakan Dokter Lois Owien Usai Diperiksa di Polda Metro':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, konten yang bermasalah dari dr Lois: