Gandeng Blibli, Pertamina Beri Pembekalan untuk Dorong UMK Go Online

Erika Dyah - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 20:24 WIB
Vice President Government Relation Blibli, Suherman Soemardi
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menghadirkan praktisi berpengalaman untuk membina peserta Pertamina UMK Academy agar UMK naik kelas. Tahun ini, Pertamina menggandeng narasumber dari Blibli sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan kerja sama dengan marketplace bertujuan agar para mitra binaan mendapatkan informasi langsung terkait e-commerce dan kiat sukses berjualan di dalamnya.

"Dengan menghadirkan narasumber dari marketplace yang bersangkutan, para UMK bisa mengetahui fitur-fitur unggulan apa yang dimiliki untuk membantu penjualan produk mereka. Ataupun berbagai penawaran yang dibuat khusus untuk pelaku usaha mikro dan kecil," ungkap Fajriyah dalam keterangan tertulis, Senin (11/7/2021).

Ia pun berharap pembekalan yang diberikan oleh para praktisi dapat segera dipraktikkan langsung oleh para UMK. Sehingga, dapat mendorong produktivitas sekaligus memantapkan posisi para peserta sebagai UMK Go Online.

Fajriyah mengungkap, melalui Program Pendanaan UMK, pihaknya ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Adapun energi yang dimaksud adalah energi untuk menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

Mendukung tujuan UMK Go Online, Vice President Government Relation Blibli, Suherman Soemardi mengatakan Blibli Indonesia memiliki platform khusus untuk showcase produk UMKM se-Indonesia, yaitu Galeri Indonesia.

"Blibli juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah, termasuk kementerian dan BUMN, untuk mendorong UMK menuju digitalisasi, dan meningkatkan ketahanan di tengah pandemi," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Suherman juga turut memberikan kiat sukses UMK di Galeri Indonesia. Menurutnya, UMK bisa mulai konsisten dengan brand image yang dimiliki. Selanjutnya, UMK bisa didukung dengan visualisasi atau packaging yang baik, keunikan dan diferensiasi produk, serta komitmen dalam menjaga ketersediaan produk.

"Juga yang terpenting adalah fokus pada kepuasan konsumen dengan respons cepat dan jujur," imbuhnya.

Salah satu peserta pembekalan, Erlina Handari mengaku siap bergabung dengan marketplace tersebut. Erlina merupakan pemilik usaha Ade Handycraft yang memproduksi baju dan kain lukis.

"Terima kasih juga untuk Pertamina telah menyediakan fasilitas pembinaan ini sehingga saya banyak dapat ilmu terkait berjualan online," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

(mul/ega)