Hutama Karya Bagikan 500 APD & Paket Sembako untuk Nakes di Bogor

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 14:41 WIB
Bantuan Hutama Karya
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan 500 alat pelindung diri (APD) dan puluhan paket sembako kepada tenaga kesehatan dan masyarakat di wilayah Bogor, Jawa Barat. Bantuan diberikan merespons angka penularan COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Manajer CSR/PKBL Hutama Karya Agus Kosasih kepada UPTD Puskesmas Sindang Barang dan masyarakat umum terdampak COVID-19 di wilayah Bogor, Jawa Barat pada Kamis (24/6) lalu.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan APD yang dibagikan ini terdiri dari sarung tangan medis, baju hamzat, masker medis, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan cairan disinfektan.

"Bantuan APD dan sembako diperuntukkan bagi tenaga medis di Puskesmas di sekitar wilayah Bogor. Sementara untuk ratusan sembako kami berikan kepada masyarakat di dekat salah satu wilayah kerja Hutama Karya yakni Gudang Arsip di Semplak, Bogor," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Senin (12/7/2021).

Lebih lanjut Tjahjo menerangkan sembako yang diberikan terdiri dari kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, hingga ikan sarden. Program HK Peduli COVID-19 yang dilakukan oleh Tim TJSL Hutama Karya telah mengacu pada ISO 26000 dan merupakan implementasi dari Pilar Pembangunan Sosial serta SDGs Nomor 03 tentang Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

"Harapan kami, bantuan tanggap darurat COVID-19 yang telah disalurkan oleh perusahaan dapat membantu mencegah peningkatan penularan virus COVID-19, meringankan beban tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat umum selama masa pandemi, kususnya di tengah pemberlakuan kebijakan PPKM Darurat ini," ujarnya.

"Tak hanya di wilayah Bogor, selama masa pandemi ini perusahaan juga masih akan terus menyalurkan bantuan tanggap darurat di sekitar lingkungan perusahaan, proyek, dan wilayah lainnya," ujarnya.

Tercatat hingga hari ini, Hutama Karya telah membagikan sebanyak lebih dari 687 ribu masker medis dan masker kain, 7 ribu lebih APD dan Alat Kesehatan, 144 unit Sarana Cuci Tangan, 17 ribu liter Hand Sanitizer dan Hand Soap, 6 ribu liter cairan disinfektan beserta sprayer, serta ribuan paket sembako. Bantuan disalurkan ke berbagai daerah di sekitar wilayah kerja Hutama Karya antara lain DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, dan lain-lain.

(ncm/ega)