4 WNA Langgar Prokes Saat PPKM Darurat di Bali Dideportasi

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 13:58 WIB
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali menggelar konferensi pers 4 WNA dideportasi karena langgar prokes (Sui/detikcom).
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Bali menggelar konferensi pers 4 WNA dideportasi karena langgar prokes. (Sui/detikcom)

Pihak Satpol PP menilai ketiga WNA itu telah melanggar Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 tahun 2021 tentang PPKM darurat COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali poin 7d yang berbunyi; penggunaan masker dan konsisten adalah protokol yang paling minimal yang harus diterapkan setiap orang.

Mereka juga dinyatakan bersalah melanggar SE Gubernur Bali Nomor 09 Tahun 2021 tentang PPKM darurat COVID-19 dalam tatanan kehidupan era baru di Provinsi Bali.

Selain ketiga WNA tersebut, masih terdapat satu orang warga negara Rusia lainnya bernama Anzhelika Naumenok yang juga segera bakal dideportasi. Perempuan tersebut dideportasi lantaran tidak mematuhi protokol kesehatan dengan kondisi positif COVID-19 dan menolak untuk dilakukan karantina.

"Pada 8 Juli 2021, telah dilakukan penjemputan oleh tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada sebuah vila di wilayah Canggu, Kuta Utara unyuk selanjutnya dilakukan proses karantina," kata Jamaruli.

"Terhadap WNA atas nama Anzhelika tersebut paspornya telah ditahan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai apabila proses karantina telah berakhir dan dinyatakan negatif COVID-19 akan dilakukan tindakan administrasi Keimigrasian beripa pendeportasian," paparnya.


(nvl/nvl)