KH Lutfi Fathullah Meninggal Dunia, Ini Sosok Sang Ahli Hadis Asal Betawi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 11:09 WIB
KH Lutfi Fathullah Meninggal Dunia, Ini Sosok Sang Ahli Hadis Asal Betawi
KH Lutfi Fathullah Meninggal Dunia, Ini Sosok Sang Ahli Hadis Asal Betawi (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Jakarta -

KH Lutfi Fathullah, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, meninggal dunia di RSUD Pasar Minggu pada Minggu (11/7/2021) sekitar pukul 18.22 WIB. Begini sosok dan profil KH Litfi Fathullah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya salah satu ulama Betawi tersebut. Anies bahkan mengimani langsung salat jenazah untuk KH Lutfi Fathullah.

Melalui unggahan twitter Ustaz Yusuf Mansur, dirinya menceritakan bagaimana sikap Anies saat hendak mensalatkan kiai Lutfi.

"Pak Gub Anies Baswedan bilang, kita nyalatin jenazah. Jangan nyalatin gaib. Subhanallah, masyaallah. Perhatian beliau sama ulama-ulama," tulis Yusuf Mansur dalam akun Instagramnya, seperti dilihat detikcom, Senin (12/7).

"Allah sama Rasul-nya lebih sayang Kiai Lutfi dari kita-kita," katanya.

Yusuf Mansur juga mengingatkan terkait protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi virus Corona (COVID-19).

"Kawan-kawan, dijaga betul prokesnya. Dan berdoa bener," katanya.

Sosok KH Lutfi Fathullah di Mata Anies Baswedan

Ungkapan duka cita juga disampaikan Anies di akun instagramnya. Dia bahkan mengenang jasa-jasa kiai Lutfi Fathullah dan bagaimana sosoknya.

KH. Luthfi bin Fathullah bin Abdul Mughni merupakan seorang ahli hadits yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang amat dalam serta melek iptek. Kiai Lutfi terlahir dari keturunan ulama, yakni sebagai cucu ulama besar KH Abdul Mughni asal Betawi, yang juga mendirikan sebuah masjid megah bernama Masjid Baitul Mughni.

Kiai Lutfi diketahui memimpin Baznas Bazis DKI Jakarta. Sosoknya memimpin lembaga tersebut sejak 2019 lalu.

"Sejak 2019, KH Luthfi memegang amanah sebagai Ketua Basnas-Bazis DKI Jakarta, yang dalam kepemimpinannya amat banyak membuat terobosan, dan menggelarluaskan manfaat yang luar biasa pada kaum duafa dan anak-anak yatim di Jakarta. Selama pandemi beliau luar biasa aktif membantu meringankan beban begitu banyak orang," tulis Anies.

Lebih lanjut, kiai Luthfi juga dikenal sebagai Direktur sekaligus pendiri Pusat Kajian Hadits Jakarta.

"Seorang ustadz, mubaligh yang sangat alim, sangat energik dan dinamis," kenang Anies.

Sosok KH Lutfi Fathullah di Mata Ketua Umum DKI Jakarta

Sementara itu, KH Lutfi Fathullah juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wilayah DKI Jakarta. Sosoknya pun dikenang oleh Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar.

"Beliau adalah salah satu ulama betawi ahli hadist, beliau orang baik dan santun dalam bertutur kata dan berbahasa," kenang kiai Muchtar, seperti dilansir laman resmi MUI, Senin (12/7/2021).

Kiai Lutfi Fathullah juga dikenal sosok yang mudah bergaul. Dia bisa dijadikan seorang guru, sahabat, bahkan juga bisa menjadi kawan dalam bertukar sebuah pikiran.

"Saya banyak belajar dengan beliau dalam segala hal," ujar Kia Muchtar.

Lihat juga video 'Eks Menteri Penerangan Harmoko Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)