Cerita Pengalaman Akhmad Isoman 15 Hari Usai Terpapar COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 05:51 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Depok -

Seorang pekerja swasta yang tinggal di Depok, Jawa Barat, bernama Akhmad menceritakan pengalamannya menjalani isolasi mandiri (isoman). Selama isoman, ia mengkonsumsi sejumlah obat-obatan hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

Mulanya, Akhmad bercerita dirinya telah divaksin dengan 2 kali dosis. Ia pun rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Siapapun bisa kena COVID. Saya sudah vaksin 2 kali dengan Vaksin Coronavac (bahan utama dari Sinovac yang kemudian diolah oleh BioFarma). Saya juga rajin olahraga selama pandemi, 5 hari dalam seminggu. Kesalahan saya adalah kerap melepas masker di kantor," ujar Akhmad ketika diwawancarai, Minggu (11/7/2021).

Berikut awal mula Akhmad terpapar Corona hingga isolasi mandiri:

Rabu 16 Juni

Akhmad mendapat kabar bahwa pimpinannya yang secara intensif mengobrol dengannya pada Senin (14/6), dinyatakan positif Corona. Ia pun segera melakukan swab antigen dan hasilnya reaktif.

"Sebelum ada kabar rasanya biasa aja, tapi setelah ada kabar mulai timbul gejala seperti batuk dan badan linu," kata Akhmad.

Kamis 17 Juni

Akhmad melaksanakan tes swab PCR di kantornya. Hasilnya ia dinyatakan positif Corona.

"Gejala yang muncul di 4 hari pertama yaitu: batuk, demam, badan linu. Nafsu makan masih normal, tidak ada waktu makan yang terlewat. Saya makan cukup, tidur cukup, berjemur cukup," kata Akhmad.

Akhmad kemudian aktif mengkonsumsi vitamin D3 + K2 5000 IU dan obat batuk OBH Combi plus. Indra penciuman dan perasanya masih normal.

Sabtu 19 Juni

Ketika bangun tidur, Akhmad merasa sembuh. Semua gejala yang ia rasakan di hari-hari sebelumnya, hilang seketika.

"Ternyata di malam harinya saya tidak bisa tidur. Akibatnya, Minggu pagi semua gejala kembali," tuturnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Simak juga 'Data Statistik: 80% Gejala Ringan, Jadi Alasan Kemenkes Minta Warga Isoman di Rumah':

[Gambas:Video 20detik]