49% Warga DKI Telah Terpapar COVID, Anies: Mudah-mudahan Terbentuk Kekebalan

Antara - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 22:07 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: Dok.Pemprov DKI
Jakarta -

Tim peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia menyebutkan 49,2 persen warga DKI Jakarta telah terpapar Corona. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap warganya memiliki kekebalan terhadap virus Corona.

"Artinya separuh penduduk di Jakarta sudah memiliki eksposur dan mudah-mudahan kekebalan, di dalam urusan SARS CoV-2," ujar Anies seperti dilansir dari Antara, Sabtu (10/7/2021).

Anies menyebut pihaknya terus menggenjot vaksinasi COVID-19. Ia menargetkan terbentuknya kekebalan kelompok terhadap COVID-19 di Ibu Kota.

"Jadi ini kami PR (pekerjaan rumah) belum selesai, PR-nya masih panjang, harus dikerjakan serius," kata Anies.

"Jadi keberhasilannya bukan berapa banyak vaksin tetap berapa banyak yang divaksin," ujar Anies.

Hingga Sabtu (7/10), sudah ada 5,4 juta warga DKI Jakarta yang divaksin Corona. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta menggenjot vaksinasi Corona bagi warga usia 12 keatas.

Sementara itu, Epidemolog UI Pandu Riono, menyebutkan vaksinasi COVID-19 harus menjadi prioritas Pemprov DKI karena 50 persen warga Jakarta belum memiliki antibodi.

"Kita harus mampu menekan penularan itu kunci utama dengan cara penduduk mau dan bersama mengubah perilaku untuk mengurangi risiko penularan yaitu 5M," ucap Pandu.

(isa/jbr)