Viral

Curhatan Music Director Radio atas Jam Malam 42 Lagu oleh KPI

dtv - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 12:01 WIB
Jakarta -

Music director di sebuah stasiun radio mungkin menjadi pihak yang paling merasakan efek penetapan jam malam 42 lagu asing oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Beberapa dari mereka berharap kebijakan yang tujuannya bagus itu bisa dievaluasi efektivitasnya di kemudian hari.

"Nggak terlalu bermasalah karena masih bisa diputar di atas jam 22.00. Cuma mungkin range waktunya saja nih. Ketika di-blacklist, ini jangan sampai selamanya. Mungkin oke kita coba nih dalam waktu 2 tahun lagu ini jangan diputar atau setengah tahun. Kira-kira ada nggak dampak dari kebijakan ini gitu," kata Music Director Ardan Radio Bandung, Awan Yudha, dalam program Viral di detikcom.

Dalam penilaian KPI, 42 lagu tersebut mengandung lirik yang kasar dan cabul. Jam malam tersebut dibuat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada generasi muda Indonesia. Karena kebetulan 42 lagu itu populer di kalangan anak-anak muda di dunia.

Awan Yudha meminta pihak-pihak terkait selain KPI juga memberlakukan hal yang sama di platform musik atau video lain. Karena saat ini video klip musik-musik itu dapat dengan mudah didengarkan dan ditonton di layanan online.

"Jadi, ketika preventif, itu ya semua diberlakukan untuk platform musik yang lain atau media-media lain yang memutar 42 lagu ini gitu. Jadi biar kesannya kalau menurut aku sih mungkin kalau bahasa aku mungkin, jangan kesannya radio sedang dikebiri gitu. Tapi platform musik yang lain kok nggak ada teguran gitu, walaupun sebenarnya bukan ranahnya KPI gitu," harapnya.

Music Director Prambors Jakarta, Sarah Saniyah, memahami juga bila ada keprihatinan bahwa banyak anak yang menyanyikan lagu orang dewasa. Namun dia berharap KPI ke depannya bisa memperhatikan konteks ketika kata-kata dalam lirik itu dipilih oleh pencipta lagu.

Jika disensor, bisa jadi pesan atau perasaan yang ada dalam lagu itu tidak tersampaikan. Pendengar jadi tidak paham tentang lagunya itu sendiri.

"Orang yang nulis lagu kan pasti penginnya orang yang dengerin, pendengar, tuh sama satu frekuensinya sama dia, ngerti apa yang dia rasain," kata Sarah.

"Padahal mungkin itu caranya dia mengekspresikan lagunya dia dan nggak semuanya konteksnya itu pornografi, gitu loh maksudnya. Bisa lebih diperhatiin bagian itunya saja, paling kayak kan kita ada beda kultur, ada beda kultur bahasa. Memang nggak sesuai sama norma-norma kita, tapi ya coba disesuain sama konteksnya aja gitu," tambahnya.

Berikut ini list 42 lagu yang dilarang diputar sebelum pukul 22.00. Lagu-lagu ini tetap bisa diputar sebelum pukul 22.00 jika lirik yang terlarang itu disensor atau diganti.

1. Bruno Mars - 24K
2. Ariana Grande - 34+35
3. Masked Wolf - Astronaut in The Ocean
4. M.I.A - Bucky Done Gun
5. Maroon 5 - Beautiful Mistakes
6. Max Ft Suga - Blueberry Eyes
7. Montero ft Lil Nas X - Call Me By Your Name
8. Pia Mia ft Chris Brown - Do It Again
9. Snoop Dog - Drop It Like It's Hot
10. Jay Z - Empire State of Mind

11. Maroon 5 ft Cardi B - Girls Like You
12. Timbaland - Give It to Me
13. 24kGoldn Ft Iaan Dior - Mood
14. Chyna Philips - Naked and Scred
15. Bruno Mars ft Cardi B - Please Me
16. Ariana Grande - Positions
17. Post Malone ft Ty Dolla sign - Psycho
18. Camilla Cabello ft Shawn Mendes - Senorita
19. Nicky Minaj - Starship
20. Doja Cats - Streets

21. DJ Snake ft Selena - Taki Taki
22. Jason Derulo ft 2 Chainz - Talk Dirty
23. Bruno Mars - That's Why I Like
24. Cardi B - Up
25. One Republic - Good Life
26. Gym Class Hero ft Estelle - Guilty As Charged
27. Rita Ora - How We Do
28. Busta Rhymes ft Maria - I Know What You Want
29. Icona Pop - I Love It
30. DJ Khaled - I'm The One

31. Jay Z - Izzo
32. Bruno Mars - Lazy Song
33. Dua Lipa ft Da Baby - Levitating
34. Justin Bieber ft Benny - Lonely
35. Eminem - Lose Your Self
36. Ariana Grande ft The Weekend - Love Me Harder
37. Bruno Mars - Versace on The Floor
38. Avril Lavigne - Wish You Were Here
39. Kid Laraoi - Without You
40. Vedo - You Got It
41. Dua Lipa ft Missy Elliot - Levitating
42. Bruno Mars - Locked Out of Heaven

(gah/gah)