PKS Setuju Gedung DPR Jadi RS Darurat: Cermin Wakil Rakyat Peduli Rakyat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 10 Jul 2021 08:58 WIB
Mardani Ali Sera
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PKS setuju dengan usulan Partai Demokrat (PD) menjadikan gedung DPR RI sebagai RS darurat COVID-19. PKS menilai usulan itu cermin wakil rakyat yang peduli pada rakyat.

"Setuju (usulan PD). Itu cermin wakil rakyat peduli dengan rakyat," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

"Ini bagian dari sikap pemihakan wakil rakyat saat kondisi sangat berat. Wakil rakyat mesti merasakan penderitaan rakyat," tambahnya.

Mardani menilai gedung DPR memiliki segala sumber daya, tempat yang luas, strategis, dan mudah dijangkau. Terlebih, saat Corona di RI menggila, kehadiran anggota parlemen di gedung DPR sangat dibatasi.

"(Di gedung DPR) ada banyak ruangan dan gedung. Dengan kapasitas cuma 20 persen yang hadir fisik dan 80 persen virtual, masih banyak gedung bisa dijadikan tempat rapat," ucapnya.

Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman mengusulkan gedung MPR/DPR dijadikan rumah sakit darurat COVID-19. Usulan ini disebutnya bisa diambil jika rumah sakit sudah penuh dan pasien telantar.

"Kalau memang rumah sakit sudah penuh sehingga banyak pasien COVID telantar dan harus tunggu antre berjam-jam, sebaiknya halaman dan gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat. Untuk keselamatan rakyat, keselamatan dan kesembuhan pasien COVID. Ada pendapat lain?" kata Benny Harman di Twitter.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief, menegaskan sikap Benny adalah sikap Fraksi Partai Demokrat. Dia berharap partai lain menyetujui usulan Demokrat menjadikan gedung DPR sebagai RS darurat COVID.

"Fraksi Partai Demokrat mempersilakan halaman dan gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat penanganan COVID. DPP Partai Demokrat mendukung upaya ini. Mudah-mudahan partai lain juga setuju," kata Andi Arief.

(fas/imk)