Round-Up

Kecelakaan Bikin Babi-babi Lepas dari Kandang Berkeliaran di Tol Layang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 22:51 WIB
Mobil pengangkut babi mengalami kecelakaan di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Babi yang diangkut pun terlepas dari kandang akibat kecelakaan itu. (dok Ayatollah Antoni)
Foto: Mobil pengangkut babi mengalami kecelakaan di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Babi yang diangkut pun terlepas dari kandang akibat kecelakaan itu. (dok Ayatollah Antoni)
Jakarta -

Kecelakaan mobil pikap pengangkut babi terjadi di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Insiden itu membuat babi-babi yang diangkut lepas dari kandang dan berkeliaran di tol layang.

Peristiwa tersebut terjadi Tol Layang MBZ Km 20+400, sekitar pukul 20.48 WIB, Kamis (8/7/2021). Pikap tersebut mengalami kecelakaan tunggal akibat pecah ban.

"Kecelakaan tunggal terjadi akibat sebuah mobil pikap dengan muatan ternak datang dari arah Cikampek melalui Jalan Tol MBZ mengalami pecah ban di Km 20+400 Lajur 2," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Trans Jawa Tollroad Regional Division, Corry Annelia Poundti H, saat dimintai konfirmasi, Jumat (9/7/2021).

Sopir mobil pengangkut babi yang mengalami kecelakaan itu kemudian menghubungi pihak Jasamarga agar mendapat pertolongan. Petugas Jasa Marga pun datang ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Setelah mendapatkan informasi, petugas segera melakukan observasi menuju tempat kejadian perkara dan melakukan evakuasi terhadap korban, kendaraan dan muatan," kata Corry.

Mobil pengangkut babi mengalami kecelakaan di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Babi yang diangkut pun terlepas dari kandang akibat kecelakaan itu. (dok Ayatollah Antoni)Mobil pengangkut babi mengalami kecelakaan di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ). Babi yang diangkut pun terlepas dari kandang akibat kecelakaan itu. (dok Ayatollah Antoni)

Jalan Tol Layang Sempat Ditutup 3 Jam

Jalan Tol Layang MBZ sempat ditutup selama 3 jam untuk proses evakuasi. Pada pukul 23.55 WIB Jalan Tol Layang MBZ yang mengarah ke Jakarta dibuka dan dapat dilintasi oleh kendaraan.

Puluhan ternak babi yang lepas juga langsung dievakuasi. Babi-babi tersebut lepas dari kandang sehingga berkeliaran di Jalan Tol Layang MBZ.

"Jadi kemarin sekalian evakuasi ternaknya," ucap Corry.

Kok Pikap Bisa Naik ke Tol Layang?

Jasa Marga menjelaskan alasan mobil pikap bisa masuk ke tol layang tersebut. Menurut Jasa Marga, mobil pikap pengangkut babi itu masih berada dalam kategori kendaraan golongan I.

"Kendaraan yang digunakan golongan I, mobil pikap. Untuk kendaraan golongan I seperti mobil pribadi dan pikap masih diperbolehkan untuk melintas," ucap Corry.

Corry menyebut, berdasarkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Nomor KP 4963/AJ.501/DRJD/2019 tanggal 16 Desember 2019, mobil angkutan barang dilarang melintasi Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Ini juga berlaku untuk jenis kendaraan bermotor dan mobil bus.

Namun, ada pengecualian terkait kendaraan angkutan ternak babi tersebut karena masih berada dalam kategori golongan I. Atas dasar itu, pikap tersebut masih diperbolehkan melintas di Jalan Tol Layang MBZ.

(haf/haf)