Gudang Vaksin Terbakar di Puskemas Sumur Batu Jakpus, Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 17:45 WIB
Jakarta -

Gudang vaksin di Puskesmas Sumur Batu, Jakarta Pusat, terbakar. Vaksin COVID-19 yang tersimpan di dalamnya turut habis dilahap si jago merah.

Kebakaran terjadi pada Kamis (8/7/2021) pukul 19.53 WIB, di gudang vaksin lantai 2 Puskesmas Sumur, yang berada di Jl Sumur Batu Raya, RT 006 RW 01 Kel. Sumur Batu, Kec. Kemayoran. Berikut fakta-faktanya yang telah dirangkum detikcom:

Gudang Vaksin di Puskesmas Sumur Batu Jakarta Pusat terbakar.Gudang Vaksin di Puskesmas Sumur Batu Jakarta Pusat terbakar. (Foto: dok. Istimewa)

Empat Mobil Damkar Atasi Gudang Vaksin yang Terbakar

Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan empat unik mobil pemadam kebakaran guna mengatasi kebakaran. Petugas tiba di lokasi pukul 20.05 WIB.

"Pengerahan unit 4 unit. Personel 20 orang. Situasi pendinginan," katanya.

Kobaran api berhasil dilokalisasi pada pukul 20.16 WIB. Pada pukul 20.20 WIB, pendinginan lokasi kebakaran sudah dilakukan.


Nyaris Seribu Vaksin di Gudang Terbakar

Hampir 1.000 ampul (botol kecil) vaksin turut terbakar dalam insiden tersebut. Vaksin diperuntukkan bagi anak-anak dan dewasa.

"Itu vaksin macam-macam, itu ada vaksin anak-anak dan vaksin orang dewasa. Jumlahnya di bawah 1.000 ampul," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Unggul Wibobo.

Ditambahkan Unggul, semua sudut ruangan di gudang vaksin terbakar habis, termasuk vaksin. Namun dia sendiri tidak paham jenis vaksin apa yang terbakar di gudang Puskesmas Sumur Batu, Jakpus, tersebut.

Dugaan Penyebab Gudang Vaksin Terbakar

Korsleting listrik diduga menjadi penyebab kebakaran yang melanda gudang vaksin tersebut.

"Listrik. Mereka bikin kesaksian bahwa penyebab listrik. Disemprot nggak mati, malah nyala api," lanjut Unggul.

Terkait korban, Unggul menjelaskan tidak ada korban saat kejadian.

"Jadi tidak ada korban, alhamdulillah," ungkapnya.

Pasokan Tak Terganggu Usai Gudang Vaksin Terbakar

Pasokan vaksin COVID-19 dipastikan tidak terganggu imbas gudang vaksin terbakar. Kecamatan Kemayoran akan mendistribusikan vaksin yang dibutuhkan ke Puskesmas Sumur Baru.

"Saya belum dapat info dari Kasudin Kesehatan (soal kejadian). Insyaallah tidak mengganggu proses vaksinasi yang dilaksanakan masing-masing kelurahan," kata Wakil Wali Kota Jakpus Irwandi saat dihubungi, Jumat (9/7/2021).

"Vaksin tetap berjalan, menurut Kasudin Kesehatan, vaksin akan diambil dari Puskesmas Kecamatan, buat Kelurahan Sumbar (Sumur Batu)," lanjutnya.

Menurut Irwandi, stok vaksin masih aman. Pihaknya menyebut ada sejumlah sentra vaksinasi yang tersebar untuk kebutuhan masyarakat.

"Lebih dari cukup, kita di Kantor Wali Kota juga lagi ada vaksin, dan banyak sentra vaksin kolaborasi dengan swasta, dan dunia usaha, Polri dan TNI," katanya.

(izt/dhn)