Prabowo soal Investasi Pertahanan: Apa Tak Layak 2 M Dolar Jaga 30 M?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 17:15 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan Pesawat karya anak bangsa CN235-220 MPA ke Angkatan Udara Republik Senegal
Prabowo Subianto (Istimewa/Kementerian Pertahanan)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bicara investasi pertahanan untuk menjaga kekayaan Tanah Air dari gangguan asing. Menurut Prabowo, dengan mengeluarkan 2 miliar dolar, Indonesia akan menjaga 30 miliar dolar.

Mulanya Prabowo bercerita diminta Presiden Jokowi membuat masterplan pertahanan negara 25 tahun. Prabowo kemudian bercerita dari pertemuan dengan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono diketahui dari sektor perikanan dapat menghasilkan senilai 30 dolar dalam satu tahun.

"Saya baru saja bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan, dalam kajian Kementerian Kelautan dan Perikanan, nilai penghasilan yang bisa didapat dari sektor perikanan saja dalam 1 tahun, kurang-lebih 30 miliar dolar, 1 tahun 30 miliar dolar," kata Prabowo dalam webinar Optimalisasi Industri Pertahanan Dalam Konteks Kepentingan Nasional RI di Abad 21, Jumat (9/7/2021).

Prabowo mempertanyakan apakah kekayaan alam tersebut tak perlu dijaga. Menurut Prabowo, setiap hari kapal asing mengeruk kekayaan dari laut Indonesia.

"Nah saya bertanya, kalau nilai 30 miliar ini adalah pundi kita, kekayaan kita, di laut kita, apakah kekayaan 30 miliar dolar ini tidak perlu kita jaga? Dan apakah kita rela 30 miliar dolar ini diambil oleh negara-negara asing? Yang itu dilakukan tiap hari ribuan kapal asing datang ke laut kita mengambil ikan kita," ujarnya.

Kemudian Prabowo menjelaskan bahwa dibutuhkan 2 miliar dolar untuk menjaga laut Indonesia. Dua miliar dolar itu dibagi untuk pertahanan di bidang angkatan laut dan udara.

"Apakah tidak pantas kita keluarkan untuk jaga 30 miliar 1 tahun kita mengeluarkan 1 miliar 1 tahun untuk angkatan laut yang kuat, 1 miliar 1 tahun untuk angkatan udara yang kuat? Karena untuk menjaga laut kita harus menjaga dari udara juga. Apakah tidak layak 2 miliar dolar 1 tahun untuk menjaga 30 miliar dolar ini? 1 tahun," ucapnya.

Dengan mengeluarkan 2 miliar dolar dalam satu tahun, kata Prabowo, itu dapat menjaga puluhan miliar dolar dari sektor kelautan. Dari situ pun, menurut Prabowo, masyarakat dapat terbantu.

"Berarti negara akan untuk 28 miliar dolar 1 tahun, 28 miliar dolar 1 tahun dengan kurs yang sekarang bisa dihitung berapa ratus triliun? Saudara-saudara di situ kita bantu rakyat kita. Pupuk, irigasi, waduk, penggilingan padi, traktor-traktor, bahkan kita bisa memberi kepada rakyat kita," sebut Prabowo.

"Jadi Saudara-saudara, dengan investasi 2 miliar dolar kita akan punya 28 miliar dolar cash. Di mana salahnya kita keluarkan 2 miliar dolar tiap tahun?" imbuhnya.

(rfs/tor)