PPP Heran Abdillah Toha Kritik Keras Lingkaran Jokowi: Masalahnya Apa?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 14:28 WIB
Arwani Thomafi
Arwani Thomafi (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PPP heran pendiri PAN Abdillah Toha tiba-tiba mengkritik para pihak di lingkaran Presiden Joko Widodo (Jokowi). PPP menyarankan Abdillah Toha membuka dialog untuk menjelaskan substansi kritiknya kepada para pihak di sekeliling Jokowi.

"Siapa dan substansi masalahnya apa, perlu disampaikan lebih jelas lagi melalui kesempatan membuka dialog," kata Sekjen PPP Arwani Thomafi kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Arwani menuturkan kritik dan masukan dari masyarakat harus bisa ditangkap dengan baik asalkan kritik yang dilontarkan objektif dan tidak didasari oleh sentimen pribadi.

"Kritik dan masukan dari publik merupakan hal yang lazim dalam iklim demokrasi. Substansi kritik harus ditangkap dengan baik, sejauh tidak didasari oleh rasa kebencian dan disampaikan secara jelas, objektif, dan substantif, termasuk kritik dari Bang Abdillah ini," papar Arwani.

Lebih lanjut, Arwani menilai pemerintah telah bekerja keras dalam memutus rantai penyebaran Corona. Anggota DPR RI itu mengingatkan bahwa sebuah kritik harus bisa dijadikan dasar meningkatkan kinerja.

"Pemerintah dan semua pihak yang terkait dengan krisis ini sudah lakukan banyak hal. Jadikan kritik dan masukan sebagai bahan untuk bisa bekerja lebih baik lagi bagi rakyat," sebutnya.

Seperti diketahui, pendiri PAN Abdillah Toha melontarkan kritik keras untuk para pihak di lingkaran Presiden Jokowi. Abdillah menyebut Jokowi dikelilingi orang bermasalah, mulai dari politisi korup sampai buzzer yang menyesatkan.

"....bapak dikelilingi oleh staf yang tidak kompeten, oligarki yang rakus, politisi korup dan sudah mulai kampanye pilpres, KPK dan hukum yang gembos, komunikasi yang buruk, buzzer yang menjerumuskan, dan lain-lain," tulis Abdillah dalam akun Twitter-nya, Jumat (9/7).

(zak/tor)