Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi COVID, Begini Reaksi Pedagang

Tiara Aliya - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 13:53 WIB
Rusun Pasar Rumput Manggarai disiapkan jadi lokasi isolasi pasien COVID-19 di Ibu Kota. Rusun itu nantinya akan jadi tempat isolasi pasien dengan kategori OTG.
Rusun Pasar Rumput (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan kini bakal difungsikan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) meminta pemerintah menyiapkan area dagang yang aman bagi para pedagang pasar.

"Peralihan zonasi perpindahan dari tempat dagang ini di tempat dagang yang dipersiapkan. Ini solusi yang kami tawarkan," kata Ketua Bidang Infokom DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib dalam rilis tertulis, Jumat (9/7/2021).

Najib menyebut para pedagang merasa khawatir akan risiko penularan virus Corona dari pasien ke pedagang. Untuk itu, dia meminta pemerintah menjamin penerapan protokol kesehatan COVID-19 di pasar berjalan baik.

"Sebenarnya dari awal konsep hunian dan pasar itu tidak bisa disatukan, tetapi karena ini sudah terjadi, biarkan. Kami berharap pemerintah daerah mencari solusi atau PD Pasar Jaya mencari solusi agar tidak ada dampak dari penyebaran COVID-19," jelasnya.

Selain itu, Ikappi menyampaikan pemerintah dapat meminimalkan pertemuan antara suspek COVID-19 dengan pedagang pasar. Salah satunya dengan menerapkan sistem zonasi.

"Harus ada zonasi dan area yang untuk memungkinkan tetap berdagang senyaman mungkin," ujarnya.

Terakhir, Ikappi juga menyoroti ada kemungkinan pedagang pasar mengalami penurunan omzet. Karena itulah, dia berharap pemerintah menyiapkan solusi atas kemungkinan ini.

"Kami meminta kepada pemerintah untuk mencari solusi atas penurunan omzet pasar karena efeknya adalah pasar akan menjadi sepi karena pembeli tidak berani datang ke Pasar Rumput," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meninjau kesiapan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, sebagai tempat isolasi pasien COVID-19. Jokowi meninjau lokasi pada Rabu, 7 Juli 2021, malam. Pemerintah menyiapkan rusun tersebut untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Rusun Pasar Rumput memiliki tiga tower. Tower pertama yang dicek Jokowi sudah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

"Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan," ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (8/7/2021).

(knv/knv)