Membedah Motif Nia Ramadhani-Ardi Bakrie Nyabu Gegara Beban Kerja

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 09 Jul 2021 06:27 WIB
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie
Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani (Noel/detikHOT)
Jakarta -

Polisi menyebut motif artis Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie, menggunakan narkoba jenis sabu lantaran tekanan pekerjaan yang banyak. Lantas, bagaimana psikolog klinis menilai motif Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie?

Psikolog klinis MS Wellbeing, Mario Carl Joseph menjelaskan bahwa penggunaan narkoba menimbulkan kecanduan atau adiksi. Adiksi itu membuat pengguna narkoba ingin memakai barang haram tersebut tanpa berpikir panjang.

"Adiksi itu adalah sebuah pola kebiasaan yang berulang-ulang, yang dilakukan secara otomatis tanpa pikir panjang. Kemudian ditandai juga keinginan untuk terus menerus," kata Mario kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Seseorang menggunakan narkoba menurut Mario bisa dilihat dari faktor eksternal dan internal. Jika melihat kasus narkoba yang menyeret Nia Ramdhani dan Ardi Bakri, Mario menjelaskan faktor internal.

"Kalau faktor internal itu misalnya apa? Ketidakmampuan seseorang dalam mengatasi berbagai macam masalah dalam kehidupannya. Kemudian beban yang berakibat kepada kondisi kesehatan jiwa, masalah kesehatan jiwa. Sebenarnya, kalau kita bicara masalah kesehatan jiwa, sebenarnya setiap orang punya potensi untuk mengalami gangguan kesehatan jiwa, contohnya stres itu common problems. Jadi artinya setiap orang berisiko mengalami stres, cuma setiap orang tingkat stresnya beda-beda," ujarnya.

Jika masalah kejiwaan tidak ditangani dengan segera, kemungkinan kondisi ini akan semakin buruk dan berisiko. Sedangkan faktor eksternal, misalnya seseorang mudah mendapatkan narkoba, kurangnya sistem dukungan dan pengaruh lingkungan pergaulan.

Polisi menyebut alasan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie menggunakan narkoba karena beban pekerjaan adalah alasan klasik. Mario menilai hal tersebut bukanlah penyebab itu Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie memakai narkoba.

"Kalau saya berpendapat tidak ada. Alasan yang klise. Semua orang bisa menggunakan alasan penyebabnya kenapa, itu sebenarnya bukan penyebab, itu men-trigger, memicu seseorang. Penyebabnya bukan itu," ucapnya.

Untuk mengungkap penyebab Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie menggunakan narkoba menurut Mario diperlukan asesmen. Pada asesmen ini dapat dinilai seberat apa penggunaan narkoba hingga dampaknya seberat apa dalam kehidupan mereka.

"Kemudian dilakukan asesmen, asesmen kita tahu sejak kapan dia pakai, berapa banyak dia pakai, bagaimana cara dia pakai. Supaya kita tahu tingkat keparahannya seperti apa. Sehingga kita bisa menentukan apa bentuk terapi yang sesuai, apa lagi misalnya dua-duanya sudah pakai, suami-istri loh ini, risiko kekambuhan itu akan semakin tinggi," sebutnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: