Curi Kotak Amal Masjid demi Modal Judi, Pria di Sumsel Ditangkap

M Syahbana - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 10:57 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah
Ilustrasi pencurian (Edi Wahyono/detikcom)
Musi Banyuasin -

Seorang pria bernama Herlin (24) di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), ditangkap polisi. Dia ditangkap karena diduga mencuri kotak amal masjid demi berjudi.

"Pelaku spesialis pembobolan masjid curi kotak amal dan peralatan elektronik milik masjid di Sungai Keruh sudah ditangkap," kata Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya saat dimintai konfirmasi, Kamis (8/7/2022).

Kasat Reskrim Polres Muba AKP Ali Rajikin mengatakan pelaku ditangkap setelah pihaknya mendapat informasi soal penjualan hasil curian berupa barang-barang milik Masjid Jami Al-Ikhlas, Sungai Keruh. Laporan itu disampaikan warga yang curiga dengan barang-barang yang dijual Herlin.

"Pelaku kita tangkap kemarin, berdasarkan informasi dari masyarakat yang mencurigai pelaku yang hendak menjual barang curian tersebut," kata Ali kepada detikcom.

Ali mengatakan Herlin beraksi sendirian mencuri kotak infak di masjid pada Jumat, (25/6). Merasa aksi pertamanya aman, pada Minggu (4/7) malam pelaku kembali beraksi mencuri peralatan elektronik di masjid tersebut.

"Siang hari seusai salat Jumat (25/6), pelaku masuk ke masjid dengan cara memanjat dan merusak plafon mencuri kotak amal masjid yang berisi uang sekitar Rp 4 juta dan Minggu (4/7) dia kembali mencuri kipas angin dan trafo masjid," terangnya.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan memburu pelaku. Herlin disebut telah mengakui perbuatannya.

"Dari informasi itu, pelaku kita tangkap di rumahnya tanpa perlawanan. Saat diinterogasi, pelaku mengaku nekat mencuri di masjid karena mau berjudi dan bayar utang," bebernya.

"Pelaku berserta barang udah diamankan untuk diperiksa lebih lanjut. Pelaku terancam Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan," sambung Ali.

(haf/haf)