Cukup Bawa KTP, Vaksin COVID di 4 Gerai Vaksinasi Keliling di Jakpus

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 07:21 WIB
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) meluncurkan program vaksinasi COVID-19 keliling. Vaksinasi COVID-19 ini gratis, warga hanya perlu bawa KTP saja ke lokasi vaksinasi keliling.

"(Bawa) KTP Indonesia," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Kamis (8/7/2021).

Masyarakat yang hendak vaksin akan didata terlebih dahulu. Setelahnya, akan diarahkan oleh petugas menuju gerai yang sudah disediakan.

"Mereka sudah didata terlebih dahulu, kemudian kita tunjuk tempat di sana untuk mempercepat saja, prakteknya yang paling lama adalah pas screening dan pendaftaran jadi tenaga administrasi juga kita perbanyak karena tidak online jadi langsung daftar. Karena suntiknya sebentar," kata Hengki.

Lebih lanjut Hengki mengatakan, program ini nantinya akan menyasar masyarakat yang ada di area permukiman kumuh. Di mana masyarakat tersebut masih mengalami berbagai kendala dalam akses digital seperti pendaftaran vaksin secara online.

"Hasil analisis kita selama ini dengan berbagai kendala yang justru sasaran kita yang slum area ini tidak bisa datang ke gerai vaksinasi yang statis," katanya.

"Dengan berbagai alasan mungkin yang besar karena tingkat literasi digitalnya rendah tidak tau cara mendaftar online kemudian dari faktor yang lain sehingga mereka tidak bisa datang," lanjutnya.

4 Titik Vaksinasi Keliling

Vaksinasi keliling ini ada di 4 titik lokasi di Jakarta Pusat, yakni 2 unit vaksin mobile di Kecamatan Sawah Besar, 1 unit di Kecamatan Cempaka Putih dan 1 unit di Kecamatan Johar Baru.

Peluncuran vaksinasi mobile ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah. Polres Metro Jakarta Pusat menargetkan 1.000 orang divaksin per hari lewat vaksinasi keliling ini.

(mea/fjp)