Beda dari Gubsu, Bobby Masih Izinkan Warga Ibadah ke Masjid di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 19:42 WIB
Bobby Nasution
Foto: Bobby Nasution (Datuk Haris-detik)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memperpanjang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro yang di dalamnya mengatur ibadah di masjid yang berada di wilayah Kota Medan ditiadakan sementara. Wali Kota Medan Bobby Nasution menanggapi berbeda aturan tersebut.

Bobby mengatakan dalam aturan itu, peniadaan ibadah di tempat ibadah itu berlaku jika daerahnya tidak aman. Bobby menegaskan bahwa Medan saat ini aman untuk kegiatan ibadah.

"Dan hari ini kami sampaikan dari kemarin Kota Medan kita percaya hari ini, sejauh ini masih aman untuk kegiatan ibadah," kata Bobby di kantor Wali Kota Medan, Rabu (7/7/2021).

Bobby tidak menjelaskan secara rinci soal pembatasan kegiatan tersebut. Menurutnya, dari Instruksi Menteri Agama yang diterima, peniadaan ibadah di masjid itu hanya untuk kegiatan-kegiatan besar.

"Tidak kita jabarkan secara rinci untuk pembatasan kegiatan, namun yang saya dapatkan juga ini dari Instruksi Menteri Agama, untuk kegiatan-kegiatan besar. Seperti nanti kita bentar lagi akan sama-sama melaksanakan Idul Adha, kegiatan-kegiatan besar keagamaan ini tidak dilakukan di lingkungan masjid ataupun di lapangan-lapangan terbuka. Nah ini hari ini yang kita terapkan seperti itu," ujar Bobby.

Bobby menuturkan bahwa salat berjamaah sudah diatur secara baik. Dia pun bakal meminta camat hingga kepala lingkungan untuk berperan lebih aktif lagi mensosialisasikan hal tersebut.

"Salat berjamaah tapi kan sudah ada jelas aturannya. Bagaimana aturan masjidnya, tidak boleh lebih dari 50 persen, penerapan jaga jarak ini yang terus kita laksanakan. Dan ini juga nanti akan kita informasikan karena masjid di Medan ini ada seribuan lebih. Peran kewilayahan sangat dibutuhkan seperti camat, lurah maupun kepling. Nah ini yang perlu benar-benar bisa disosialisasikan," ucap Bobby.

Simak video 'MUI Makassar Dukung Pembatasan Ibadah di Masjid Selama PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: