Australia Kirim Bantuan 2,5 Juta Vaksin AstraZeneca-Tabung Oksigen ke RI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 19:42 WIB
Australia Ubah Syarat Penerima Vaksin AstraZeneca Menjadi 60 Tahun ke Atas
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca (ABC Australia)
Jakarta -

Australia mengirimkan bantuan terkait penanganan COVID-19 ke Indonesia. Bantuan itu berupa vaksin AstraZeneca, ventilator, hingga oksigen konsentrator.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Australia, Rabu (7/7/2021), Australia menyatakan dukungannya kepada Indonesia dalam menangani lonjakan kasus COVID-19. Dukungan kesehatan untuk Indonesia ini dikonfirmasi langsung oleh Menlu Australia Marise Payne setelah berkomunikasi dengan Menlu RI Retno LP Marsudi.

"Australia mendukung mitra dekat dan tetangga kami, Indonesia, dalam menghadapi lonjakan signifikan kasus COVID-19," kata Payne.

Berikut ini bantuan yang diberikan Australia ke Indonesia:

- Bantuan senilai $12 juta untuk peralatan medis terkait oksigen dan lainnya, termasuk 1.000 ventilator, hingga 700 oksigen konsentrator, lebih dari 170 tabung oksigen, serta berbagai bahan dan suplai medis lainnya
- Lebih dari 40 ribu alat tes antigen
- 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca

Payne menjelaskan dukungan Australia ini akan memperluas kapasitas tes cepat, mempertahankan layanan kesehatan, dan membantu fasilitas medis darurat. Paket dukungan tersebut dibangun atas dukungan Australia untuk Indonesia dalam merespons lonjakan kasus COVID-19.

Kabar mengenai bantuan dari Australia ini juga disampaikan Menlu Retno lewat akun Twitter-nya. Dia mengapresiasi tawaran bantuan yang diberikan Australia.

Lihat juga video 'Varian Corona Delta Terus Bermutasi, WHO: Kita Dalam Periode Berbahaya!':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)