Cak Imin Dorong Ada Sentra Vaksinasi Corona Sampai ke Tingkat Desa-RT

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 15:04 WIB
Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menilai percepatan vaksinasi massal di Indonesia menjadi syarat penting agar tercapai kekebalan komunitas di masyarakat. Namun menurutnya, target percepatan ini bisa terhambat lantaran berbarengan dengan PPKM Darurat. Sebab meski sentra vaksinasi dibuka, masyarakat cenderung takut mendatanginya.

"Satu sisi pemerintah ingin percepatan vaksinasi, tapi di sisi lain kita juga paham masyarakat banyak yang enggan ke luar rumah," kata Cak Imin, sapaan akrabnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Di sisi lain, Wakil Ketua DPR RI ini mendukung upaya akselerasi pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Dengan begitu diharapkan target keseluruhan vaksinasi dapat terselesaikan sebelum akhir tahun ini. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak takut divaksin dan tetap mendatangi sentra-sentra vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Saya minta sentra vaksinasi ditambah, jangan cuma di wilayah perkotaan, mentok-mentok di kecamatan. Coba dibikin juga sampai tingkat Desa sampai RT. Semakin dekat dengan warga semakin baik," tandasnya.

Lebih lanjut Cak Imin menjelaskan berdasarkan laporan Satgas Penanganan COVID-19, laju pelaksanaan program vaksinasi nasional per Senin (5/7) justru menurun. Jumlah suntikan harian untuk dosis pertama hanya mencapai sebanyak 238.523 orang.

Adapun total masyarakat yang telah menerima suntikan vaksin dosis pertama baru mencapai 32.302.268 orang. Sedangkan untuk dosis kedua tercatat ada penambahan sebanyak 56.370 orang, sehingga total baru mencapai 14.035.934 orang.

Simak juga video 'Vaksin Pfizer Kini Dalam Proses Izin Penggunaan Darurat dari BPOM':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)