Banjir Landa Aceh Selatan, 2 Jembatan Rusak-Rumah Ambruk

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 14:37 WIB
Banjir terjadi di Aceh (dok. BPBA)
Foto: Banjir terjadi di Aceh (dok. BPBA)
Banda Aceh -

Banjir yang sempat merendam sejumlah desa di empat kabupaten di Aceh mulai surut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih mendata korban terdampak banjir.

Daerah yang mengalami banjir yaitu Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Aceh Jaya. Banjir merendam permukiman warga setelah diguyur hujan deras.

"Kondisi terkini di Nagan Raya, banjir sudah mulai surut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, kepada wartawan, Rabu (7/7/2021).

Banjir di Nagan Raya merendam sejumlah desa di delapan kecamatan. Ilyas menyebut sebagian desa masih terendam banjir.

"Kita masih mendata korban terdampak banjir," jelasnya.

Banjir juga terjadi Aceh Selatan. Banjir di sana menggenangi rumah warga di beberapa desa di delapan kecamatan. Banjir juga menyebabkan dua jembatan rusak berat dan satu rumah di Desa Siurai-urai, Kecamatan Kluet Tengah, ambruk ke sungai.

Banjir di Aceh Barat juga dilaporkan sudah mulai mulai surut. Banjir di sana merendam 11 desa di enam kecamatan. Ratusan rumah sempat terendam banjir.

"Banjir di beberapa kecamatan sebagian surut dan dan ada juga masih terendam," kata petugas Pusdalops BPBD Aceh Barat Mashuri saat dimintai konfirmasi secara terpisah.

Untuk diketahui, banjir di sejumlah daerah di Aceh terjadi setelah Tanah Rencong diguyur hujan lebat sejak Senin (5/7) siang. Banjir mulai merendam permukiman penduduk pada Selasa (6/7) dini hari.

Lihat juga video 'Jembatan Penghubung 3 Desa di Sumedang Ambruk':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)