Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk, Faisol PKB Tak Masalah Jika Harus Impor

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 18:46 WIB
Faisol Riza
Foto: Faisol Riza (Erlangga/dpr.go.id)
Jakarta -

Salah satu skenario terburuk pemerintah dalam penanganan COVID-19 adalah meminta bantuan kepada luar jika kasus harian di Indonesia menembus 50 ribu. PKB tidak mempersoalkan jika skenario terburuk yang dimaksud pemerintah adalah impor.

"Saya sebenarnya tidak terlalu keberatan ini impor atau bukan. Yang penting kita nomor satukan masyarakat, di mana semua yang dibutuhkan untuk penanganan COVID ini tersedia, mulai obat-obatan, rumah isolasi mandiri, tempat masyarakat bisa menghindarkan diri dari kerumunan dan fokus memulihkan kesehatan, kemudian vaksinasi dan juga oksigen yang dibutuhkan masyarakat. Itu sebaiknya yang dilakukan pemerintah," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Faisol juga mengimbau semua pihak tidak mempersoalkan jika skenario terburuk pemerintah adalah impor. Dia justru mengajak seluruh lapisan masyarakat membantu penanganan pandemi Corona di Tanah Air.

"Jadi sebaiknya jangan terlalu dipersoalkan apakah itu impor atau bukan. Kali ini saya mengajak semua, pemerintah dan masyarakat sama-sama berpikir bahwa dengan keterpenuhan hunian di rumah sakit, apa yang harus dilakukan untuk kita semua, pemerintah dan masyarakat. Apa yang harus kita siapkan sebagai masyarakat," papar Faisol.

"Bisa saja misalnya setiap desa, setiap kecamatan, setiap kabupaten menyiapkan beberapa rumah isolasi. Begitu juga kita menyisihkan pendapatan kita untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan obat-obatan, tabung, dan yang lain-lain," imbuhnya.

Lebih lanjut, Faisol mengapresiasi kejujuran pemerintah yang tidak memprediksi lonjakan kasus COVID-19 bisa sedemikian buruk seperti saat ini. Ketua Komisi VI DPR RI itu menekankan pemerintah harus tetap bekerja keras menekan laju penyebaran Corona.

"Saya mengapresiasi pernyataan Pak Luhut yang mengakui bahwa 'pemerintah kecolongan' karena tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi keadaan yang ternyata di luar perkiraan. Tetapi saya kira yang paling penting tidak berhenti di pernyataan itu. Tetapi harus ditunjukkan keseriusan betul aparat pemerintah untuk menjalankan perintah-perintah selanjutnya penanganan COVID ini," tutur Faisol.

Simak video 'Mendag Sebut Impor Oksigen Tak Akan Ada Hambatan':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya.