Satgas COVID: Kepatuhan Warga Aceh Pakai Masker 85%, Nasional 88%

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 14:30 WIB
Penambahan kasus baru virus Corona di RI mencapai 20.694 kasus pada Senin (28/6). Melonjaknya virus Corona berdampak meningkatnya penjualan masker di pinggir jalan.
Ilustrasi/warga membeli masker untuk mencegah penularan COVID-19. (Rengga Sancaya/detikcom)
Banda Aceh -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh menyebutkan tingkat kepatuhan warga Tanah Rencong memakai masker masih di bawah nasional. Sedangkan kesadaran warga menjaga jarak disebut sudah membaik.

"Kepatuhan Protokol Kesehatan (Prokes) di Aceh sudah lebih baik, namun kepatuhan memakai masker masih di bawah rata-rata nasional," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Saifullah menjelaskan tim Satgas COVID-19 nasional memantau perilaku masyarakat di jalan raya, ruang publik, kafe, mal, terminal, hingga perkantoran. Data yang dikumpulkan itu dikirim ke sistem Bersatu Melawan COVID-19 (BLC).

Tim yang terlibat dalam pemantauan itu di antaranya personel TNI, Polri, dan duta perubahan perilaku. Menurut Saifullah, perilaku masyarakat yang dipantau seperti memakai masker, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

Data yang dipublikasikan, kata Saifullah, berdasarkan pemantauan selama sepekan periode 21-27 Juni lalu. Berdasarkan data itu, tingkat kepatuhan memakai masker di Aceh sekitar 85,19 persen dan rata-rata nasional 88,61 persen. Sedangkan tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan sekitar 89,34 persen dan rerata nasional 87,54 persen.

"Kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan di Aceh lebih baik, di atas rerata nasional, dibandingkan kepatuhan memakai masker," ujar Saifullah.

Saifullah merinci ada sejumlah provinsi di Sumatera dengan tingkat kepatuhan memakai masker di atas nasional, seperti Lampung, Sumatera Barat, Jambi, dan Kepulauan Riau. Sedangkan provinsi di bawah nasional adalah Riau, Sumatera Utara, Aceh, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu.

Adapun provinsi dengan kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan di atas rerata nasional meliputi Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Aceh. Untuk daerah yang di bawah dinyatakan di bawah rata-rata nasional meliputi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu.

"Kepatuhan prokes di Aceh harus terus kita koreksi. Bukan untuk memenangkan perlombaan antardaerah, melainkan ikhtiar mengalahkan kecepatan virus Corona menularkan COVID-19 di tengah-tengah masyarakat," bebernya.

Simak video 'Daerah dengan Tingkat Kepatuhan Prokes Tertinggi-Terendah di Jawa dan Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/jbr)