Jokowi Harap RS COVID Asrama Haji Pondok Gede Bisa Beroperasi Kamis

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 14:00 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang disiapkan menjadi rumah sakit bagi penanganan COVID-19. Rumah sakit darurat ini dibuat untuk mengantisipasi lonjakan kasus Corona di Jakarta dan sekitarnya.

"Wisma haji ini bisa menampung nantinya sudah kita siapkan untuk 900 tempat tidur plus 50 ICU dan 40 HCU sehingga yang sakit terkena COVID nanti bisa dibawa dirawat di Wisma Haji ini," kata Jokowi seperti dalam video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

Jokowi mengatakan proses pengerjaan rumah sakit COVID-19 ini dilakukan oleh Kementerian PU. Dia berharap rumah sakit tersebut bisa segera beroperasi.

"Ini telah dikerjakan oleh Kementerian PU kemarin dan saya tadi sudah perintahkan dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis kita harapkan sudah bisa dipakai dan dioperasikan," ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, selain asrama haji, pemerintah menyiapkan tempat isolasi Corona di tempat lain. Pemerintah juga menambah tempat tidur di Wisma Atlet.

"Kita tahu bahwa selain di wisma haji ini juga telah disiapkan tetapi untuk isolasi yaitu di rumah susun di Nagrak Cilincing sebanyak 2.273 tempat tidur dan juga sudah kita siapkan rusun di pasar rumput sebanyak 3.986 kapasitasnya kita juga telah menambah di Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur lagi dan kita harapkan ini bisa menambah kapasitas apabila terjadi lonjakan," ujar Jokowi.

(knv/tor)