Polda Bali Awasi Akun Medsos Provokasi Warga Terkait PPKM Darurat

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 10:47 WIB
Poster
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Denpasar -

Polda Bali mengawasi sejumlah akun media sosial (medsos) yang memprovokasi warga terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Polda Bali akan langsung menyelidiki dan memproses akun yang ditemukan memprovokasi warga.

"Kemudian upaya-upaya lain dari satgas hukum adalah melaksanakannya upaya penyelidikan dan melaksanakan upaya take down terhadap semua yang memprovokasi melalui medsos," kata Dirreskrimum Polda Bali Kombes Djuhandhani Rahardjo Puro di Polda Bali, Selasa (6/7/2021).

Djuhandhani menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan melaksanakan penegakan hukum manakala ada orang yang melakukan provokasi lewat medsos terhadap PPKM darurat. Ia mengaku tidak peduli terhadap siapa pun, baik tokoh masyarakat maupun tokoh berbagai perwakilan. Terlebih situasi saat ini sudah mengkhawatirkan.

"Kita sadari semua bahwa ini adalah PPKM darurat. Situasi Jawa dan Bali sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, apa yang dilaksanakan hanya satu, menjaga keselamatan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Apa pun terus terang akan saya tabrak, kalau memang melanggar hal ini," tegas Djuhandhani.

"Yang diawasi sudah puluhan. Sudah setiap hari ada berkembang," imbuhnya.

Nantinya, pemilik akun medsos tidak sekadar dilakukan pemanggilan, tapi juga akan ditindak sesuai dengan aturan hukum. Apalagi hal tersebut sudah ditekankan oleh berbagai pihak, termasuk Mabes Polri.

"Kita akan tindak tegas sesuai aturan hukum. Kalau ada pidana pasti akan kita tindak," jelas Djuhandhani.

Ia pun meminta masyarakat tidak melakukan provokasi dan percaya kepada pemerintah. Menurutnya, pemerintah mengambil jalan yang benar-benar situasi negara dalam keadaan darurat kesehatan.

"Tujuan dari pemerintah adalah untuk menjaga keselamatan masyarakat, tidak ada tujuan lain," kata dia.

(nvl/nvl)