Pertamina Bagikan 3.000 Bibit Alpukat ke Warga Ulubelu

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 18:55 WIB
Pertamina
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina Geothermal (PGE) Area Ulubelu bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus melakukan pelestarian lingkungan dengan menanam dan membagikan 3.000 bibit alpukat kepada masyarakat Ulubelu. Kegiatan tersebut dilakukan secara simbolis di Halaman Kantor Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

Menurut General Manager PGE Area Ulubelu Mawardi Agani, kegiatan penanaman pohon ini menjadi salah satu program CSR PGE Area Ulubelu di bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Hal itu diharapkannya dapat bermanfaat bagi ekonomi warga sekitar.

"Sinergi program ini dilaksanakan antara PGE dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam rangka mendukung Program Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam mewujudkan Tanggamus yang hijau dan produktif dengan Rumah Alpukat Tanggamus Unggul (RATU)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/7/2021).

Dia mengatakan melalui kegiatan ini PGE berharap mampu meningkatkan kelestarian lingkungan, menjaga ketersediaan air tanah, dan menambah produktivitas masyarakat lewat tanaman alpukat ini. "Lingkungan terjaga, masyarakat juga berdaya," tambah Mawardi.

Kepala Dinas Bappelitbang Hendra Wijaya berharap penanaman pohon ini bisa mewujudkan Tanggamus yang ikonik dengan tumbuhan yang produktif. Ia juga berharap hal ini juga bisa meningkatkan daya saing pasar.

"Sekarang mungkin belum terasa manfaatnya, tapi 3-4 tahun ke depan akan terasa bahwa alpukat ini punya nilai yang cukup bersaing di pasar," jelas Hendra.

Sementara itu, Camat Ulubelu Suwarno mengucapkan terima kasih atas dukungan PGE pada masyarakat Ulubelu di berbagai bidang, dari pendidikan, peternakan, perkebunan dan perikanan.

"Semoga PGE dan pemerintah serta masyarakat bisa bersama membangun Ulubelu yang lebih baik," imbuhnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri langsung oleh General Manager PGE Area Ulubelu, Mawardi Agani, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Tanggamus Hendra Wijaya, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) Tanggamus, Dinas Pertanian Tanggamus, dan Kecamatan Ulubelu.

(prf/ega)