Petugas Bandara Djalaludin Gorontalo Positif COVID-19 Tambah Jadi 76 Orang

Ajis Khalid - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 16:44 WIB
Bandara Djalaludin Gorontalo (Ajis/detikcom).
Bandara Djalaludin Gorontalo (Ajis/detikcom)
Gorontalo -

Sebanyak 76 petugas Bandara Djalaludin Gorontalo terkonfirmasi positif COVID 19, dari yang sebelumnya 65 orang. Mereka saat ini menjalani isolasi di Mess Haji Kota Gorontalo.

"Kasus klaster khusus bandara yang terjadi pada 4 Juli lalu, sebanyak 76 orang. 76 orang semua adalah pegawai bandara itu sendiri. 54 asal Kabupaten Gorontalo, sisanya ada di Kota Gorontalo dan Bone Bolango," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Ronie Sampir dalam keterangannya, Senin (5/7/2021).

Ronie menjelaskan, tidak semua 54 orang itu adalah penduduk Kabupaten Gorontalo. Hanya, karena sebagai pegawai bandara yang berada di wilayah Kabupaten Gorontalo, mereka tinggal di perumahan atau mes yang disiapkan pihak bandara.

"Kasus positif COVID-19 pegawai bandara berawal pada tanggal 29 Juni lalu. Dua orang petugas bandara melakukan pemeriksaan di Puskesmas Tibawa. Kemudian kedua orang tersebut bergejala dan dirujuk ke rumah sakit. Setelah diperiksa, tes PCR hasil keduanya dinyatakan positif," ucap Ronie.

Menurut Ronie, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Gorontalo bekerja sama dengan Labkesmas melakukan tracing, dan dilakukan swab test sebanyak 207 orang. Dengan hasil 76 orang itulah yang positif COVID-19.

"Jadi belum semua, pihak Dinas Kesehatan terus melakukan surveling atau tracking ke semua pihak bandara. Pasalnya belum semua pegawai bandara dilakukan swab. Hari ini kita dinas kesehatan melakukan tracking terhadap pegawai bandara lainnya dan juga keluarga pegawai bandara yang terkonfirmasi positif," tegas Ronie.

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, khususnya klaster Bandara, lanjut Roni, pihaknya melakukan langkah-langkah. Sebanyak 54 pegawai bandara yang positif diisolasi terpusat di Mes Haji Kota Gorontalo. Ke-54 Orang itu tidak ada gejala.

"Langkah kedua melakukan disinfektan atau penyemprotan di bandara baik di seputaran bandara dan di dalam gedung bandara dan juga di mess pegawai bandara," tutup Ronie.

(nvl/nvl)