Anggota DPR Kritik Kemenkes Bantah Faskes Kolaps: Harus Jujur!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 14:55 WIB
Putih Sari
Putih Sari (Dok. Putih Sari)
Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Putih Sari, mengkritik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang membantah fasilitas kesehatan atau faskes di Tanah Air kolaps. Putih Sari meminta Kemenkes untuk jujur soal kondisi faskes di Indonesia saat ini.

"Yang agak miris justru pernyataan dari jubir (Kemenkes) Ibu Nadia beberapa hari yang lalu, yang mengatakan belum terjadi kolaps di fasilitas kesehatan. Saya nggak ngerti ini ya, nggak paham, maksudnya seperti apa?" kata Putih dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI, yang disiarkan YouTube DPR RI, Senin (5/7/2021).

Putih ingin Kemenkes melihat grafik laporan rumah sakit. Kondisi di lapangan, kata Putih, masyarakat yang membutuhkan pelayanan rumah sakit sulit mendapatkan.

"Saya kira jangan cuma lihat dari laporan data saja, lihat grafik laporan rumah sakit, ya harus melihat lah, saya kira di berita juga cukup jelas antrean seperti apa, lalu juga masyarakat putar sana putar sini mencari rumah sakit tidak dapat, harus mutar-mutar, pindah mencari rumah sakit," ujarnya.

Kemenkes, kata Putih, seolah-olah tak ingin mengakui soal kondisi fasilitas kesehatan di lapangan. Putih menilai Kemenkes kemungkinan ini masyarakat tetap tenang dengan membantah fasilitas kesehatan di Indonesia kolaps.

"Ini kok sepertinya belum mau mengakui kalau kita sudah kolaps, tadi juga Persi juga sudah menyampaikan begitu tingginya permintaan masyarakat. Sebaiknya tentu Kemenkes ya memberikan kondisi yang sebenar-benarnya, jangan memberikan justru berita-berita yang membuat masyarakat, ya mungkin buat menenangkan masyarakat, tapi justru jangan sampai masyarakat menganggap kondisi ini baik-baik saja, jadi prokesnya jadi kendor," ucapnya.

Namun Putih meminta Kemenkes jujur soal kondisi fasilitas kesehatan sebenarnya. Hal itu, kata Putih, agar masyarakat peduli sehingga tak menganggap enteng protokol kesehatan.

"Jadi ya harus jujur lah dengan kondisi sebenarnya seperti apa, jadi masyarakat juga aware, tidak meremehkan protokol kesehatan, mau mengikuti anjuran PPKM yang hari ini berjalan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Menurunnya Kesadaran Masyarakat Berakibat Faskes Indonesia Diprediksi Kolaps':

[Gambas:Video 20detik]