PPKM Darurat, Antrean Penumpang di Stasiun Bojong Gede Mengular ke Jalan

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 14:46 WIB
Penumpang turun dari gerbong KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (1/7/2021). Pemerintah akan menerapkan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali mulai 3 Juli mendatang, salah satunya membatasi penumpang transportasi umum maksimal 70 persen dari kapasitas serta pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi jarak jauh harus menunjukkan kartu vaksin dan PCR H-2 untuk pesawat serta antigen (H-1) untuk moda trasnportasi jarak jauh lainnya. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ilustrasi antrean calon penumpang KRL di stasiun. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta -

Antrean calon penumpang KRL di Stasiun Bogong Gede, Bogor, Jawa Barat, mengular hingga ke jalan raya pada hari Senin pertama PPKM darurat. Polisi memberi penjelasan soal penyebab peristiwa itu.

"Masalahnya gini... jadi kereta yang ada dibatasin, kemudian sudah ditentukan yang boleh naik gerbong pertama misalnya 50, gerbong ini 25 nah penumpangnya 3.000. Gimana nggak antre? Ya nggak bisa dicegah masyarakat," kata Kapolsek Bojong Gede AKP Dwi Susanto saat dimintai konfirmasi, Senin (5/7/2021).

Peristiwa itu disebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB tadi. Antrean tersebut mengular hingga ke jalan raya dan mengakibatkan macet di sekitar Stasiun Bojong Gede.

"Intinya kalau memang PPKM darurat yaudah setop aja. Nggak bisa kalau udah jalannya sempit," kata Dwi.

Dwi mengatakan pihaknya telah menyiapkan 35 personel untuk mengurai penumpukan antrean di Stasiun Bojong Gede. Dwi juga telah mempersiapkan pengalihan arus lalu lintas jika terjadi kemacetan akibat antrean penumpang.

"Nanti saya ada pengalihan arus. Jadi lewatnya perumahan Gaperi lewat depan Polsek saya. Jadi langsung lurus bisa saya alihkan di situ. Itu kalau misalnya besok ada penumpukan di situ macet kendaraan," jelas Dwi.

detikcom telah menghubungi pihak KCI terkait peristiwa tersebut, namun belum ada jawaban.

PPKM darurat sendiri telah dimulai sejak Sabtu (3/7) dan bakal berlaku hingga 20 Juli 2021. Pada Senin pertama penerapan PPKM darurat, kemacetan terjadi di sejumlah titik di Jakarta. Kemacetan disebut dipicu aktivitas warga yang padat di tengah penyekatan yang dilakukan polisi untuk menekan mobilitas warga.

"Hari Senin ini adalah hari ketiga sekaligus hari pertama PPKM darurat pada masa weekday, di mana orang kerja dan ribuan orang dari luar Jakarta masih berusaha masuk ke Jakarta. Padahal mungkin dia bukan bekerja pada sektor yang kritikal dan esensial," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (5/7).

Simak juga 'Horor! Lenteng Agung Macet Parah, Ambulans Terjebak Penyekatan':

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)