PPKM Darurat, Pelayanan Paspor Jawa-Bali Disetop Sementara

Andi Saputra - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 11:49 WIB
Ilustrasi Paspor Indonesia
Ilustrasi paspor (Foto: iStock)
Jakarta -

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham menghentikan sementara pelayanan keimigrasian tatap muka di seluruh Kantor Imigrasi di Jawa dan Bali pada 5-20 Juli 2021. Hal ini merupakan implementasi atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan lonjakan COVID-19.

"Selama masa PPKM darurat ini Kantor Imigrasi hanya membuka pelayanan paspor bagi WNI dengan kebutuhan mendesak," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara, dalam siaran pers kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Selain itu, Arya menuturkan bahwa sistem antrean online melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) juga saat ini ditutup sementara. Dia mengatakan warga yang membutuhkan paspor karena keadaan mendesak bisa langsung mendatangi Kantor Imigrasi.

"Kepada pemohon paspor dengan kebutuhan mendesak seperti berobat ke luar negeri atau tujuan darurat lain kami persilakan datang langsung ke Kantor Imigrasi terdekat," tutur Arya.

Di samping pelayanan bagi WNI, Arya menjelaskan, pelayanan bagi orang asing seperti izin tinggal dan status keimigrasian secara tatap muka juga dihentikan. Penjamin orang asing atau orang asing dapat mengajukan permohonan perpanjangan izin tinggal atau permohonan lainnya secara daring melalui website: izintinggal-online.imigrasi.go.id

Untuk permohonan visa saat ini juga bisa dilakukan secara online melalui website visa-online.imigrasi.go.id sehingga orang asing dan penjaminnya tidak perlu ke Perwakilan RI atau ke Kantor Imigrasi.

"Untuk pelayanan bagi orang asing kami buka secara online sehingga tidak ada lagi orang asing atau penjamin yang datang ke Kantor Imigrasi, " jelas Arya.

Penghentian pelayanan keimigrasian secara tatap muka ini, ujar Arya, bersifat sementara dan akan terus dievaluasi sesuai arahan Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

"Bagi masyarakat yang memerlukan konsultasi keimigrasian dapat menghubungi kami melalui fitur live chat pada website www.imigrasi.go.id, " ucap Arya.

(asp/haf)