Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Panjang di Tol Dalam Kota Hari Ini

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 10:53 WIB
Jakarta -

Kemacetan sepanjang Km 7 sempat terjadi di ruas Tol Dalam Kota dari Kuningan arah Semanggi di Senin pertama PPKM Darurat. Polisi menyebut kemacetan itu terjadi karena beberapa hal.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno mengatakan salah satu penyebab kemacetan adalah adanya pemeriksaan kendaraan yang dilakukan pihaknya di lokasi. Pemeriksaan yang ketat itu mau tidak mau berimbas terjadinya kemacetan.

"Kemacetan itu disebabkan karena memang ruas untuk di Tegal Parang termasuk di depan Polda itu dilakukan penutupan. Jadi untuk lalu lintas dalam tol dari timur arah barat itu bisa keluar di depan DPR/MPR. Namun keluar DPR/MPR juga dilakukan pemeriksaan oleh anggota saya, kira-kira orang yang melintas itu masuk dari sektor esensial atau kritikal," kata Sutikno saat dihubungi detikcom, Senin (5/7/2021).

Dalam pelaksanaan PPKM darurat ini, Sutikno menyebut pihaknya memeriksa satu per satu kendaraan yang melintas di ruas tol dalam kota. Jika tidak masuk bagian dalam sektor esensial dan kritikal, kendaraan akan dialihkan keluar dari ruas tol dalam kota.

"Kalau nggak masuk keduanya otomatis kita luruskan lagi. Pemeriksaan itulah yang membuat antrean cukup panjang karena pengendara dilakukan pemeriksaan kepolisian satu per satu," ungkap Sutikno.

Mobilitas Pekerja Non-esensial

Selain itu, polisi menyoroti masih banyaknya mobilitas masyarakat di luar sektor kritikal dan esensial. Padahal, dalam aturan PPKM darurat, selain dua sektor tersebut, masyarakat diminta diam di rumah selama dua pekan ke depan.

"Kalau ditanya, 'Mau ke mana, Pak?' Katanya mau main ke rumah temen, mau berkunjung keluarga. Kan nggak harus datang ke rumahnya bisa video call. Di situasi ini kita harus menjaga dan sebaiknya masyarakat harus dukung kebijakan pemerintah," ujar Sutikno.

Hingga saat ini, Sutikno menyebut masih ada kepadatan di ruas tol dalam kota. Kemacetan itu hingga masuk ke ruas Tol Cawang.

"(Kondisi lalu lintas) masih cukup padat, masih cukup padat. Tadi saya tanya anggota saya sampai Cawang masih macet, berapa km belum tahu," ujar Sutikno pada pukul 09.34 WIB.

Untuk diketahui, kemacetan sempat terjadi di ruas Tol Dalam Kota Jakarta pada Senin pertama di masa PPKM darurat berlaku. Kemacetan terjadi di ruas Tol Dalam Kota sekitar Km 7 dari Kuningan arah Semanggi.

"Menjelang keluar tol Semanggi, untuk dampaknya juga sama masih diberlakukan penutupan PPKM terkait pihak kepolisian, untuk saat ini menjelang lokasi saja," kata petugas call center PT Jasa Marga, Riko, saat dihubungi, Senin (5/7/2021) pukul 07.32 WIB.

Selain itu, Riko mengatakan kepadatan terjadi di Jalan Tol Kuningan Km 5. Kepadatan terjadi sepanjang 1 km.

(ygs/mea)