HUT Ke-75, BNI Gandeng Seniman Bali Buat Replika Patung Garuda Wisnu

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 05 Jul 2021 09:00 WIB
Patung replika Garuda Wisnu - BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI membangun sebuah ikon wisata di Indonesia. Bersama Himpunan Seniman Pecatu, BNI membangun patung replika Garuda Wisnu berbahan dasar pasir di Pantai Pandawa, kawasan Nusa Dua, Badung, Bali.

Karya seni patung ini, menurut koordinator pematung sekaligus Ketua Himpunan Seniman Pecatu I Nyoman Sungada, di Indonesia belum pernah ada karya seni patung pasir sebesar replika Garuda Wisnu di Pantai Pandawa ini. Patung yang rampung setelah dikerjakan selama 12 hari ini berdiri kokoh dengan tinggi 14 meter, dan panjang 18 meter. Sebanyak 20 pematung, 10 tukang kayu, dan 30 relawan pengangkut pasir pantai telah dilibatkan dalam proyek ini.

Nyoman Sungada menuturkan desain patung ini dikerjakan oleh Agustono Gentari, Founder Komunitas Pematung Salju Indonesia. Ia menyatakan kesuksesan para seniman Pecatu ini sekaligus memberikan harapan akan kebangkitan pariwisata Bali dan kehidupan para seniman di Desa Kutuh, Pantai Pandawa setelah didera pandemi COVID- 19 sejak Maret 2020.

"Saya sendiri kaget karena BNI memberikan perhatian yang begitu besar kepada kami para seniman patung di Pantai Pandawa. Sebelumnya belum ada perusahaan lain yang memberikan bantuan seperti ini," ungkap Nyoman Sungada dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (4/7/2021).

Pada kesempatan ini, BNI juga menyalurkan CSR bagi keberlangsungan kreativitas para seniman di Desa Kutuh, Pantai Pandawa. Beberapa bantuan utama yang diberikan antara lain mesin laser cutting dan komputer jinjing dengan spesifikasi lengkap untuk membantu para seniman patung membangun desain secara lebih leluasa.

Nyoman Sungada mengungkapkan nuansa kebangkitan pariwisata Bali diharapkan terus berlanjut. Adapun pembuatan patung Garuda Wisnu ini sebagai try out penggunaan pasir pantai di Indonesia dalam rangka event Road to Bali International Sand Sculpture Contest 2022 yang akan melibatkan para pematung dunia dalam kontes tersebut.

"Kini kami pun bisa melatih lebih banyak lagi pemahat-pemahat muda dengan perlengkapan yang jauh lebih modern. Sehingga ke depan ada harapan agar para seniman pun mampu menciptakan karya seni yang sesuai dengan selera pasar," kata Nyoman Sungada.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan patung replikasi Garuda Wisnu ini merupakan hadiah terindah dari para seniman Bali yang telah mengukir banyak prestasi hingga mancanegara. Beberapa prestasi yang tercatat antara lain menjadi pemenang kategori Best Skill dan pemenang kategori Excellent pada International Snow Sculpture Competition tahun 2020 di Harbin, China serta juara tiga pada International Snow Sculpture Contest tahun 2013 di Sapporo, Jepang.

"Semoga yang kami lakukan ini dapat mengangkat kembali nama besar para seniman Bali ini di Tanah Air. Karena ternyata mereka ini telah mencatat prestasi di luar negeri," ungkap Royke.

(ega/ega)