Sesa Susanti Sulap Limbah Kayu Jadi Furnitur Fantastis

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 13:43 WIB
Jakarta -

Sesa Susanti (36) mampu menyulap kayu-kayu bekas dari pabrik-pabrik di tempat asalnya Tangerang menjadi hal yang bermanfaat. Ia dapat membuat furnitur dengan bahan dari kayu tidak terpakai tersebut.

Kepada detikcom dalam program Sosok, Sesa bercerita tentang awal dia terjun ke dunia pandai kayu. Waktu itu Sesa yang sedang menganggur 2 tahun tiba-tiba punya ide untuk membuat furnitur dari kayu bekas yang dibelinya di lapak pengepul.

"Waktu itu, posisinya saya pengangguran selama 2 tahun. Dan kebetulan saya memang tipe orang yang tidak terlalu suka kerja di ruangan. Intinya tidak terlalu suka kerja dengan orang lain. Latar belakangnya sih itu. Makanya saya pilih 'Kenapa nggak saya bikin usaha sendiri?' Dengan memang bahan-bahan yang banyak ada di Kabupaten Tangerang," ujar Sesa.

Omzet yang diterima pada pertama kali membuat nakas (meja di samping tempat tidur) adalah sebesar Rp 50 ribu. Namun seiring berjalannya waktu, omzetnya terus bertambah.

"Dengan modal Rp 300 ribu, saya waktu itu dapat keuntungan Rp 50 ribu. Kenapa saya mau dengan omzet segitu, karena saya pikir, saya tidak punya skill, saya tidak punya background di kayu. Dan omzet sekarang Alhamdulillah mulai bertambah. Dari yang Rp 50 ribu perproduk, sekarang perproject bisa Rp 5 juta, bisa Rp 10 juta." ujar Sesa.

Selama 2 tahun ia mengolah kayu bekas itu di teras rumahnya. Saat ini Sesa punya 2 workshop dengan nama Nalaktak Kai, satu di dekat rumahnya sedangkan yang lainnya ada di tempat berbeda agar tidak terlalu mengganggu kehidupan pribadinya.

(fuf/fuf)