Ganjar Ungguli Prabowo di Survei Elektabilitas Capres 2024 Voxpol

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 23:02 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berada di RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo, Kamis (1/7/2021).
Ganjar Pranowo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Voxpol Center Research and Consulting melakukan survei terkait elektabilitas calon presiden pada Pemilu 2024. Hasilnya elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto.

Survei dilakukan pada 22 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini menjangkau 34 provinsi. Pengumpulan data disebut dilakukan melalui telepon untuk meminimalisir pertemuan secara langsung atau tatap muka yang rentan penyebaran virus Corona.

Pertanyaan yang diberikan dalam survei elektabilitas capres ini yaitu 'Jika pemilihan presiden dilaksanakan pada hari ini, dari 19 nama di bawah ini, siapa yang akan ibu, bapak, saudara pilih?'

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan berdasarkan hasil masih terlihat datar. Dia menyebut belum ada kandidat capres dengan elektabilitas tinggi.

"Dari segi elektabilitas menunjukkan lapangan politik masih terlihat datar, belum ada kandidat calon presiden dengan elektabilitas yang cukup meyakinkan setelah petahana tidak bisa lagi mencalonkan diri," ujar Pangi.

Disebutkan, elektabilitas Prabowo berada pada peringkat kedua dengan jumlah 18,9%. Sedangkan posisi pertama ditempati Ganjar Pranowo dengan jumlah 19,2 %.

"Bahkan Prabowo Subianto yang sudah berkali-kali maju sebagai calon presiden, dalam model pertanyaan tertutup elektabilitasnya hanya berada pada angka 18,9% posisi peringkat kedua setelah Ganjar Pranowo yang memperoleh angka sebesar 19,2%," tuturnya.

Berikut hasil survei voxpol terkait elektabilitas capres 2024, dengan peringkat 6 teratas:

1. Ganjar Pranowo 19,2%.
2. Prabowo Subianto 18,9%.
3. Anies Baswedan 14,1%
4. Sandiaga Uno 8,3%
5. Ridwan Kamil 5,8%
6. Agus Harimurti Yudhoyono 5,4%

(dwia/fas)