Jalan Daan Mogot Jakbar Sempat Macet Panjang Saat PPKM Darurat

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 18:00 WIB
Antrean panjang kendaraan terlihat di kawasan Daan Mogot, Jakbar. Kemacetan terjadi imbas perbaikan jalan amblas di kawasan itu.
Ilustrasi kemacetan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video memperlihatkan kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, viral. Polisi mengatakan peristiwa itu dipicu banyaknya warga yang masih beraktivitas di hari pertama PPKM darurat.

Dalam video yang dilihat detikcom, Sabtu (3/7/2021), tampak antrean panjang motor dan mobil di lokasi. Perekam video mengatakan kemacetan itu akibat ada penutupan Jalan Daan Mogot saat PPKM darurat.

"Jalan arah Jakarta dari Kalideres di depan lampu merah Mal Daan Mogot ditutup total. Kemacetan hingga berkisar 1-2 km," kata perekam video.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo membenarkan adanya kemacetan tersebut. Dia mengatakan kemacetan itu sudah terurai.

"Sudah terurai. Saya di lokasi," kata Sambodo sekitar pukul 17.00 WIB.

Kemacetan disebut terjadi mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Dia menyebut kemacetan itu terjadi akibat masih banyak masyarakat yang bepergian di masa PPKM darurat.

"Kemacetan tidak bisa dihindari, karena masyarakat masih banyak bepergian dan tidak patuh pada aturan-aturan PPKM darurat," ucap Sambodo.

Selama PPKM darurat berlangsung, pihak kepolisian telah menyiapkan 63 titik penjagaan. Puluhan titik itu tersebar di dalam tol hingga perbatasan menuju Jakarta. Salah satu penyekatan dilakukan di Jalan Daan Mogot.

Penjagaan ketat di 63 titik selama PPKM darurat di Jakarta ditujukan untuk membatasi mobilitas warga selama dua pekan ke depan. Hal itu ditujukan agar kasus Corona bisa ditekan.

"Selama PPKM darurat ini, diharapkan Jakarta sunyi dan senyap. Semua orang yang tidak ada kebutuhan mendesak semua diharapkan tinggal di rumah," ujar Sambodo.

Lihat juga Video: PPKM Darurat, 2 Ruas Jalan Simpang Sarinah Ditutup!

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/haf)