4 Tanda Anda Sedang dalam Masa Subur dan Ovulasi

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 19:10 WIB
Ilustrasi masa subur wanita.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Masa masa subur dan ovulasi menjadi waktu yang penting diperhatikan khususnya untuk orang-orang yang sedang merencanakan kehamilan. Sebab, peluang terjadinya proses kehamilan akan meningkat pada masa ovulasi.

Bagi wanita yang masih di masa reproduksi tidak memiliki masalah kesuburan, dan sedang tidak hamil, ovulasi umumnya terjadi setiap bulan. Meski demikian, waktu ovulasi setiap orang sangat bervariasi. Mengutip verywellfamily, perempuan memasuki puncak masa suburnya beberapa hari menjelang ovulasi. Pada waktu tersebut, peluang Anda untuk hamil akan meningkat sangat pesat.

Tahukah Anda? Tanda ovulasi bisa diketahui melalui sejumlah gejala dan perubahan yang ada di dalam tubuh. Simak 4 tanda berikut untuk mengetahui masa ovulasi Anda dengan mendeteksi masa subur saat merencanakan kehamilan.

1. Perubahan pada Serviks

Vagina kerap kali diibaratkan sebagai sebuah terowongan yang berakhir di leher rahim (serviks). Tepat sebelum ovulasi, akan ada perubahan posisi serviks. Umumnya, saat Anda tidak dalam masa subur dari siklus Anda, posisi serviks akan lebih rendah, lebih keras, dan lebih tertutup.

Sebaliknya, saat dalam masa subur Anda bisa mendeteksi tanda-tanda perubahan melalui posisi serviks yang menjadi lebih lebar, lembut, sensitif, dan lebih terbuka. Dengan memperhatikan kondisi tubuh, Anda bisa mulai mengetahui dan mendeteksi tanda-tanda masa subur Anda.

2. Gairah Seksual Meningkat

Keinginan seorang perempuan untuk berhubungan seks cenderung meningkat tepat sebelum ovulasi, sehingga tanda ini diketahui bisa bantu mendeteksi masa subur perempuan. Sadar atau tidak, dalam kondisi ini Anda akan lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim daripada biasanya.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir sebab hal ini merupakan respons alami dari tubuh yang menandakan Anda siap bereproduksi.

3. Munculnya Cairan dari Vagina

Mendekati masa ovulasi, Anda mungkin akan menemukan sekresi di dekat serviks yang dikenal sebagai lendir serviks meningkat. Cairan vagina ini umumnya muncul konsistensi yang sedikit lengket, mirip seperti putih telur.

Cairan ini berbeda dengan keputihan, sebab kemunculannya tidak disertai dengan rasa gatal dan tidak nyaman. Cairan berupa lendir serviks ini berfungsi untuk membantu sperma dengan mudah bergerak masuk ke sistem reproduksi wanita menuju sel telur. Munculnya cairan ini bisa jadi tanda untuk Anda mendeteksi masa tubuh, serta mengetahui bahwa tubuh siap melakukan proses pembuahan.

4. Pola Air Liur

Ada salah satu tanda unik untuk Anda mendeteksi masa subur yakni melalui saliva. Diketahui, pola pakis dalam air liur Anda bisa menjadi salah satu tanda masuknya periode ovulasi untuk mempercepat pembuahan. Melalui deteksi air liur, Anda bisa mengetahui kondisi hormon yang jadi tanda masuknya masa subur Anda.

Meski dinilai sebagai cara yang tidak biasa untuk mendeteksi masa ovulasi, Anda bisa memastikan tanda ini dengan cara mudah yakni dengan bantuan alat Ovutest Scope. Dengan menggunakan Ovutest Scope, Anda bisa mengetahui masa subur melalui deteksi peningkatan hormon estrogen yang terdapat di air liur.

Cara penggunaan Ovutest Scope pun cenderung mudah, yakni dengan mengoleskan air liur dari bawah lidah ke lensa objek. Setelah didiamkan selama 30-60 menit, nantinya akan terlihat pola kristal seperti tulang daun. Hasil ini menunjukkan tubuh Anda sedang mengalami lonjakan hormon estrogen.

OvutestOvutest Foto: dok. Ovutest

Untuk bisa mendeteksi masa subur dengan alat ini, Anda perlu melakukan tes secara rutin setiap hari dari hari pertama bersih haid. Perlu diketahui, Anda disarankan untuk melakukan tes di antara jam 10 pagi hingga 8 malam. Pastikan Anda sudah puasa makan dan minum selama 2 jam sebelum pengambilan sampel atau tes dilakukan.

Jika hasil tulang daun yang muncul pada Ovutest Scope semakin rapat, tandanya Anda semakin dekat dengan masa ovulasi. Jika demikian, maka sel telur telah siap untuk dibuahi sperma.

Tak perlu khawatir soal harga, karena Ovutest Scope merupakan produk yang ekonomis sebab bisa digunakan berulang kali (reusable). Produk ini juga bisa dengan mudah didapatkan di apotek, toko obat, serta e-commerce. Anda juga bisa mengecek promo terkait produk ini melalui official store Danpac Pharma.

(ads/ads)