Polri Siap Woro-woro Aturan Salat Idul Adha PPKM Darurat ke Masjid Kecil

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 16:40 WIB
Masjid Agung Al Azhar jadi salah satu masjid yang gelar salat Idul Fitri di Ibu Kota. Seperti apa pelaksanaan salat Id di masjid tersebut? Berikut potretnya.
Ilustrasi Jemaah Salat Id (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Polri turut ambil bagian dalam penegakan kebijakan peniadaan Salat Idul Adha di masjid di tengah pelaksanaan PPKM darurat. Polisi tingkat polsek dan bhabinkamtibmas akan dilibatkan.

Mulanya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menjawab pertanyaan wartawan soal pengawasan khusus di masjid-masjid yang terletak di permukiman padat penduduk dan perkampungan. Yaqut menyebut pihaknya telah mengeluarkan surat instruksi ketentuan pelaksanaan salat Idul Adha.

"Saya sudah mengeluarkan instruksi secara internal kepada seluruh jajaran, termasuk sampai ke penyuluh-penyuluh agama yang basisnya di desa-desa. Saya kira mereka akan sampai di masjid-masjid yang ada di pinggiran tersebut," terang Yaqut dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/2/2021).

"Namun penegakan aturan ini bukan kewajiban sepenuhnya Kementerian Agama, tapi teman-teman Polri akan membantu menegakkan surat edaran ini," jelasnya.

Umat muslim menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). Umat muslim di seluruh Indonesia mulai melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah di tengah pandemik COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.Umat Islam menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). Umat muslim di seluruh Indonesia mulai melaksanakan shalat Idul Adha secara berjamaah di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras)

Asisten Operasional (Asops) Kapolri Irjen Imam Sugianto menyampaikan jajaran di tingkat polsek akan diterjunkan langsung ke masjid-masjid untuk memberikan imbauan. Polisi akan berpatroli dari masjid ke masjid.

"Kita lakukan edukasi dan woro-woro pemberitahuan sekaligus mendatangi marbot-marbot masjid itu terkait dengan kebijakan pemerintah," Imam.

Polisi akan memberikan pemahaman sekaligus edukasi soal kebijakan PPKM darurat. Dari tidak melaksanakan Salat Id di masjid hingga aturan penyembelihan hewan kurban.

"Paling tidak mulai besok sudah memberikan imbauan," imbuhnya.

Sejumlah umat Islam di berbagai daerah Indonesia melaksanakan salat Idul Fitri hari ini. Salat Id digelar di stasiun kereta hingga di Gumuk PasirIlustrasi Salat Id (AP Photo/Dita Alangkara)


Operasi Aman Nusa II Digelar Mulai Besok

Polri menggelar Operasi Aman Nusa II selama PPKM darurat. Operasi ini terdiri dari 7 satgas yang berfungsi untuk menegakkan peraturan PPKM darurat.

"Kita gelar mulai besok itu ada 21 ribu lebih (personel Polri), TNI disiagakan 32 ribu lebih, ini nanti (jumlah personel gabungan) 50 ribu," jelas Imam.

"Mudah-mudahan terlihat masif dengan sasaran-sasaran yang sudah diprioritaskan," imbuhnya.

(isa/imk)