JIExpo Disiapkan untuk Tampung Pasien Corona, Bisa Tampung 24 Ribu Orang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 16:14 WIB
Poster
Ilustrasi pasien Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini menambah tempat penampungan untuk pasien COVID-19. Anies mengatakan JIExpo salah satu tempat yang akan disulap untuk menampung pasien COVID-19.

"Kami sekarang melakukan penambahan tempat penampungan, termasuk JIExpo, nanti akan bisa digunakan, bisa menampung 24 ribu orang," kata Anies saat konferensi pers, Jumat (2/7/2021).

Anies mengatakan nantinya setiap wilayah di DKI bakal memiliki tempat penampungan pasien COVID. Satu wilayah nantinya akan memiliki tempat penampungan yang bisa menampung 5.000 orang.

"Masing-masing wilayah disiapkan untuk menampung 5.000 orang, kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. Bawa, antar, kami akan siapkan," kata Anies.

Dia juga meminta warga aktif melapor. Anies mengatakan Pemprov DKI bekerja sama dengan Polri dan TNI membuat posko pengaduan COVID. Warga diminta aktif melapor jika mengetahui tetangga atau keluarganya terpapar COVID.

"Bila Anda menemukan warga yang dicurigai terpapar, hubungi posko, minta bantuan. Jangan didiamkan karena, bila didiamkan, menular lebih banyak lagi," tegas Anies.

Jakarta dalam Suasana Darurat

Lebih lanjut Anies mengatakan saat ini Jakarta sedang dalam situasi darurat kasus Corona. Meski begitu, dia meminta warga tetap tenang dan optimistis.

"Pada seluruh masyarakat, Jakarta suasananya memang suasana kedaruratan, tapi tetaplah optimis, negara tetap hadir, pemerintah hadir, dan pemerintah akan melindungi, akan mengayomi warga yang mendapatkan masalah akibat COVID. Para ketua RT Ketua RW aktif mengidentifikasi," sebutnya.

"Ini waktunya saling gotong royong, membantu, apabila di kampungnya, apabila di kompleksnya ada keluarga mengalami kesulitan, mari kita saling tolong, bantu, kita tunjukkan bahwa ini, bangsa Indonesia yang gotong royong, yang peduli, yang saling melindungi," imbuh Anies.

Lihat Video: Lokasi Vaksinasi COVID-19 Anak di DKI Jakarta

[Gambas:Video 20detik]




(zap/imk)