Ini Tampang Terduga Teroris Kabur dari Kantor Polisi di Babel

ADVERTISEMENT

Ini Tampang Terduga Teroris Kabur dari Kantor Polisi di Babel

Deni Wahyono - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 14:23 WIB
Terduga teroris AS yang kabur dari kantor polisi
AS yang kabur dari kantor polisi (Foto: dok. Polisi)
Bangka Belitung -

Terduga teroris berinisial AS (44) kabur dari ruang pemeriksaan Polda Bangka Belitung (Babel). Dia diduga kabur saat jeda pemeriksaan.

Berdasarkan foto yang dilihat detikcom, Jumat (2/7/2021), AS terlihat berambut gondrong dan menggunakan kaos abu-abu lengan pendek. Dia diduga kabur dengan melepaskan borgol dari tangan serta rantai yang mengikat kakinya.

AS diduga merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Dia ditangkap di Babel usai dua terduga teroris DS dan SY tertangkap lebih dulu di Jakarta.

AS diduga melarikan diri saat berada di ruang pemeriksaan Polda Babel pada Kamis (1/7) dini hari. Kapolda Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat, membenarkan terduga teroris jaringan JAD, AS, melarikan diri dan masih dalam pengejaran.

"Ya betul, memang kemarin pada waktu pemeriksaan ini yang bersangkutan melarikan diri dan saat ini dalam pengejaran sekaligus kita pengembangan, karena kan kerja teroris, kerja orang-orang seperti ini tidak kerja sendirian. Pasti ada juga orang-orang sekitarnya," jelas Irjen Anang Syarif Hidayat lewat keterangan dari Kabid Humas Polda Babel, Kombes Maladi, yang diterima detikcom.

Terduga teroris AS yang kabur dari kantor polisiTerduga teroris AS yang kabur dari kantor polisi Foto: dok. Polisi

Dia mengatakan pihaknya meminta semua pihak memberi informasi jika melihat AS. Dia mengingatkan semua pihak jangan membantu atau melindungi AS.

"Masyarakat agar tetap tenang dan tidak melindungi karena akan dikenakan UU Teroris apabila melindungi, jika melihat ciri-ciri seperti foto tersebut agar melapor ke Kepolisian terdekat dan kepada rekan-rekan wartawan dapat melaporkannya ke Humas Polda," ucapnya.

"Intinya jangan melindungi, kalau melindungi dia sama dengan turut serta melindungi terorisme. Masyarkat tidak perlu khawatir kepada yang bersangkutan, cukup informasikan saja kita jamin situasi akan tetap kondusif," sambungnya.

CCTV juga sudah dicek dan diketahui yang bersangkutan melarikan diri sekitar pukul 03.00 WIB sesuai waktu di CCTV. AS disebut keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda.

Lihat juga video '11 Teroris JAD di Papua Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT