PPKM Darurat! Pemerintah Sarankan Warga Pakai Masker Dobel

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 11:54 WIB
Para pakar kesehatan dunia mengklaim penggunaan masker dobel lebih tangguh menangkal varian ganas Corona.
Foto ilustrasi masker dobel. (Foto: dok. Getty Images)
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali bakal berlaku mulai Sabtu (3/7) besok. Pemerintah menyarankan agar warga mengenakan masker dua lapis.

Saran penggunaan masker dobel tertera dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat COVID-19 Wilayah Jawa-Bali diteken Mendagri Tito Karnavian pada Jumat (2/7/2021).

Pada poin 'KETUJUH' huruf d disebutkan, masker dua lapis adalah pilihan terbaik untuk kondisi sekarang. Masker paling baik adalah jenis N95. Berikut adalah bunyi poin yang memuat saranan masker dobel:

Inmendagri PPKM Darurat
KETUJUH
d. Jenis masker yang lebih baik, akan lebih melindungi (sebagai contoh masker bedah sekali pakai lebih baik dari masker kain, dan masker N95 lebih baik dari masker bedah). Saat ini, penggunaan masker sebanyak 2 (dua) lapis merupakan pilihan yang baik. Masker sebaiknya perlu diganti setelah digunakan (>4 (lebih dari empat) jam).

Penggunaan masker dengan benar dan konsisten ditegaskan pemerintah sebagai protokol kesehatan paling minimal yang harus diterapkan setiap orang. Face shield tidak bisa menggantikan penggunaan masker. Bila pakai face shield maka seseorang harus tetap mengenakan masker. Berikut bunyi poin soal hal ini:

Inmendagri PPKM Darurat
KETIGA
m. Tetap memakai masker dengan benar dan konsisten saat melaksanakan kegiatan di luar rumah serta tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker.

(dnu/dnu)