Bikin Resah-Makan Ternak Warga, Beruang Madu Ditangkap BKSDA Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 10:58 WIB
Beruang madu di Jambi (Dok istimewa)
Beruang madu di Jambi (Foto: dok. istimewa)
Jambi -

Seekor beruang madu ditangkap BKSDA Jambi karena bikin resah masuk ke permukiman warga. Beruang dengan berat sekitar 50 kg itu ditangkap saat sedang bersantai di bawah pohon pinang milik warga.

"Beruang ini berhasil petugas tangkap dengan cara dibius. Beruang ini kita tangkap karena sudah sangat meresahkan, bahkan banyak memangsa ayam ternak warga," kata Kasi Konservasi Wilayah III BKSDA Jambi Faried kepada detikcom, Kamis (1/7/2021).

Beruang madu dengan jenis kelamin betina itu mulai ditemukan masuk ke permukiman warga di Desa Rantau Rasau Dua, Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, tiga hari lalu.

Beruang madu itu diduga masuk ke permukiman warga lantaran hendak mencari mangsa. Kehadiran beruang berusia 7 tahun tersebut juga membuat warga tidak berani beraktivitas.

"Belum diketahui asal beruang ini hingga bisa ada di sekitar pemukiman tersebut, dan ini masih kita telaah dan kaji dulu. Namun yang penting kita menyelamatkan dulu," ujar Faried.

Saat ditangkap, terdapat luka di kaki kanan depan beruang madu. Petugas BKSDA Jambi telah mengobati luka itu. Kemudian beruang tersebut direhabilitasi di tempat penyelamatan satwa Jambi.

"Beruang ini akan kami bawa ke tempat penyelamatan satwa di Mendalo Darat, Kabupaten Muaro Jambi, untuk dilakukan pemeriksaan. Sebelum dilepasliarkan, beruang ini juga akan dilakukan perawatan hingga pulih kembali. Sebab, dari hasil evakuasi, terdapat luka pada kaki depan bagian kanan," kata Polhut BKSDA Jambi, Sartono.

Rencananya, setelah dilakukan perawatan dan pemulihan, beruang madu yang diperkirakan telah beranak itu akan dilepasliarkan ke alamnya di kawasan hutan TNKS Jambi sebagai habitat asalnya.

Sebelumnya, beruang itu diketahui menghebohkan warga pada Senin (28/6) malam. Satwa liar yang dilindungi tersebut kedapatan tengah merogoh sarang lebah madu yang berada di dalam kandang ayam milik warga. Tidak hanya itu, beruang tersebut juga telah memangsa ayam milik warga untuk jadi santapannya.

Simak video 'BKSDA Sultra Evakuasi Tiga Ular Sanca yang Muncul di Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)