Round-up

Kabar Sesaknya Wisma Atlet Tahun Lalu Pernah Bikin Jokowi Gemetar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 22:06 WIB
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia beberapa kali mengalami lonjakan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan kondisi saat dia grogi dan bergetar ketika angka bed occupancy rate (BOR) Wisma Atlet meningkat.

Jokowi mengatakan hal ini terjadi pada September 2020, ketika angka BOR di Wisma Atlet mencapai 92 persen. Jokowi mengaku saat itu kondisinya tidak baik ketika mendapat informasi tersebut.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat membuka Munas Kadin, Kendari, Sultra, Rabu (30/6/2021). Awalnya, Jokowi mengungkapkan BOR nasional saat ini 72 persen.

Kemudian dia mengungkapkan kondisi BOR Wisma Atlet. Jokowi mengatakan setiap malam dia selalu mendapat informasi mengenai pasien COVID-19 di Wisma Atlet.

"Saya biasanya yang saya pakai patokan itu Wisma Atlet, tiap jam 10 (22.00 WIB), jam 12 (00.00 WIB) malam, coba tanya ke sana, saya selalu telepon dr Tugas atau Kolonel Arifin mengenai keterisian bed di wisma atlet," tutur Jokowi.

Pada September 2020, Jokowi mengaku pernah mendapat informasi bahwa BOR Wisma Atlet mencapai 92 persen. Saat itu, Jokowi mengaku gemetar mendengar informasi tersebut.

"Pernah September itu 92 persen, saya betul-betul sudah gemetar dan grogi betul, 92 persen," ungkap Jokowi.

Kemudian, lanjut Jokowi, pada Mei 2021 turun menjadi 15 persen. Dia mengaku saat itu senang, tapi kebahagiaan itu tidak berlangsung lama.

Hal ini disebabkan Jokowi mendapat laporan bahwa keterisian tempat tidur Wisma Atlet kembali meningkat. Dengan jumlah menyentuh angka 90 persen.

"Bisa turun, turun, turun, bahkan di pertengahan bulan Mei, 18 Mei itu mencapai 15 persen, dari 92 sudah turun menjadi 15 persen, sudah senang sekali kita saat itu. Tapi begitu ada liburan hari ini saya harus ngomong apa adanya, 90 persen. Inilah angka-angka yang harus saya sampaikan apa adanya," ungkap Jokowi.

(dwia/maa)