Top 5 News

Jokowi Finalisasi Skema PPKM Darurat, Inggris Bungkam Jerman 2-0

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 21:28 WIB
Top 5 News Yamaha
Foto: Top 5 News
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kunci dari urusan ekonomi saat ini adalah penanganan COVID-19 yang baik. Oleh karena itu, PPKM darurat diberlakukan demi menekan lonjakan jumlah kasus Corona.

Sementara itu, dalam dunia olahraga, Inggris sukses melaju ke perempat final Euro 2020. The Three Lions berhasil menumbangkan Jerman dengan skor 2-0 di Stadion Wembley.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (30/6/2021).

1. Jokowi: PPKM Darurat Mau Tak Mau Harus Dilakukan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kunci dari urusan ekonomi saat ini adalah penanganan COVID-19 yang baik. Karena itu, PPKM darurat diberlakukan demi menekan lonjakan jumlah kasus Corona.

"Oleh sebab itu, kebijakan PPKM darurat mau tidak mau kita harus lakukan karena kondisi-kondisi tadi yang saya sampaikan," ujar Jokowi saat membuka Munas Kadin di Kendari seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6/2021).

Jokowi mengatakan kenaikan kasus Corona selalu berpengaruh terhadap indeks kepercayaan konsumen. Ketika kasus Corona turun, indeks kepercayaan konsumen akan meningkat.

Artikel Selengkapnya: Finalisasi PPKM Darurat

2. Inggris Bungkam Jerman 2-0

Inggris melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020. Di babak 16 besar, The Three Lions berhasil mengalahkan Jerman 2-0.

Bermain di Wembley, Selasa (29/6), Inggris sempat kesulitan mencetak gol hingga pertengahan babak kedua. Namun masuknya Jack Grealish di menit ke-69 mengubah jalannya laga.

Gelandang Aston Villa itu berperan dalam terciptanya dua gol kemenangan Inggris. Ia merancang gol pertama yang dicetak Raheem Sterling di menit ke-75, lalu memberi assist kepada Harry Kane di menit ke-86.

Artikel Selengkapnya: Inggris vs Jerman Menang 2-0

3. Menkes: Vaksin Tak Buat Kita 100% Kebal

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengingatkan vaksin tak bisa membuat masyarakat kebal COVID-19 sepenuhnya. Budi mengatakan orang yang sudah divaksinasi bisa terpapar COVID-19, tapi gejalanya menjadi ringan.

Karena itu, Budi meminta masyarakat yang sudah divaksinasi tetap menjalankan protokol kesehatan. Dia mengatakan mereka yang sudah divaksinasi masih bisa menularkan virus.

Artikel Selengkapnya: Menkes: Vaksin Tak Buat Kita 100% Kebal

4. Nathalie Holscher Diterpa Video Hoax Syur

Belum lama diserang isu berselingkuh, kini ada gosip baru yang datang ke Nathalie Holscher. Ia dituding punya video syur yang beredar.

Video itu disebut berdurasi 20 detik. Tidak lama kemudian beredar juga video di YouTube yang seakan menegaskan video syur tersebut benar adanya.

Isu ini tentu membuat Sule sebagai suami Nathalie Holshcer geram. Ia mengaku begitu terganggu dengan adanya gosip miring itu.

Artikel Selengkapnya: Hoak Video Syur 20 Detik Nathalie Holscher

5. Ilmuwan Sebut Alien Bisa Temukan Bumi

Beberapa planet sebesar Bumi mengorbit bintang redup yang hanya berjarak belasan tahun cahaya dari kita. Planet-planet itu cukup nyaman dan berpotensi mendukung kehidupan. Jika ada yang tinggal di sana, dan jika bentuk kehidupan ini memiliki jenis teknologi yang sama dengan yang dimiliki manusia, para alien pun akan bisa mendeteksi Bumi.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di jurnal Nature, bintang-bintang terus bergerak, dan bintang khusus ini, yang disebut Bintang Teegarden, akan segera menyelinap ke lokasi yang tepat untuk dapat melihat Matahari kita dan mengalami sedikit peredupan ketika Bumi lewat di depannya.

Artikel Selengkapnya: lmuwan Sebut Alien Berburu Planet



Simak Video "Top 5: Jokowi Finalisasi PPKM Darurat, Inggris ke Perempatfinal Euro 2020 "
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)