Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Rasulullah SAW

Rahma Indina Harbani - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 08:30 WIB
Ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4/Doa Menjenguk Orang Sakit yang Diajarkan Rasulullah SAW.
Jakarta -

Salah satu adab mulia yang perlu dilakukan umat muslim adalah menjenguk orang yang sakit. Saat menengok, jangan lupa membaca doa menjenguk orang sakit sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Dikutip dari buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa karya Ust Ahmad Zacky El-Syafa, berikut doa menjenguk orang sakit yang dibaca Rasulullah SAW saat menengok sahabat. Doa tersedia dalam Arab, latin, dan artinya.

Doa menjenguk orang sakit

1. بِسْمِ اللَّهِ

Arab latin: Bismillāh, (dibaca 3 kali)

Artinya: "Dengan nama Allah."

Dilanjutkan membaca doa,

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Arab latin: A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali)

Artinya:"Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan."

Bacaan doa tersebut datang dari hadits yang dikisahkan dari Abu Abdilllah Utsman bin Abu al-Ash yang mengeluh terkena penyakit pada badannya kepada Rasulullah. Bunyi haditsnya secara lengkap adalah sebagai berikut:

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil 'Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, 'Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, 'Bismillāh.' Lalu bacalah tujuh kali, 'A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru (Aku berlindung kepada keagungan dan kekuasaan Allah dari segala kejelekan apa yang aku dapatkan dan apa yang aku takutkan." (HR Muslim).

2. Doa ini juga salah satu doa Nabi Muhammad SAW ketika menjenguk Sa'ad bin Abi Waqqash yang tengah berbaring sakit:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Bacaan latin: Allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan

Artinya: "Ya Allah, sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia." (HR Muslim).

Kemudian membaca ini diulang 7 kali:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Bacaan latin: Asalullahal 'adhim rabbal 'arsyil 'adhim an yasyfiaka

Artinya: "Aku memohon kepada Allah yang maha mulia pemilik arsy yang megah agar menyembuhkanmu." (HR Abu Dawud, Al Tirmidzi, dan Al Hakim).

Doa ini disarankan untuk dibaca ketika menjenguk orang sakit. Bila Allah menghendakki orang tersebut untuk sembuh, maka ia akan sembuh. Kita yang sehat hanya bisa berdoa yang terbaik bagi yang sedang sakit.

Menjenguk dan membacakan doa adalah bagian dari hak seorang muslim. Hal ini dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya,

حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ - رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: "Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam." Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; (3) Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan 'alhamdulillah'), doakanlah dia (dengan mengucapkan 'yarhamukallah'); (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman)." (HR Muslim).

Setelah mengetahui doa menjenguk orang sakit dan hak seorang muslim, semoga kita tak segan menunaikan kewajiban tersebut.

(row/row)