Tinjau Vaksinasi di Kendari, Jokowi Mendadak Pakaikan Jaketnya ke Warga

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 11:03 WIB
Jokowi Kunker ke Sultra
Jokowi di Sultra (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi COVID-19 di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi sempat memberikan jaketnya kepada peserta vaksinasi.

Kunjungan Jokowi ke lokasi vaksinasi di Kendari ini disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6/2021). Jokowi didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan sejumlah pejabat setempat.

Jokowi tampak berkeliling melihat proses vaksinasi warga. Sesekali dia berbincang dengan Gubernur Sultra.

Momen Jokowi Pakaikan Jaketnya ke Warga di KendariMomen Jokowi Pakaikan Jaketnya ke Warga di Kendari (Screenshot YouTube Sekretariat Presiden)

Setelah itu, Jokowi tiba-tiba menunjuk salah seorang pria yang sedang duduk menunggu proses vaksinasi. Jokowi terlihat melepaskan jaket cokelatnya.

Jaket itu kemudian dipakaikan ke pemuda tersebut. Jokowi dan pemuda tersebut lantas saling mengatupkan tangan. Pria tersebut menyampaikan ucapan terima kepada Jokowi.

Di titik lainnya, sejumlah warga tampak menyapa Jokowi. Terdengar juga tepuk tangan dan teriakan Jokowi. Jokowi lalu memerintahkan paspampres untuk membagikan paket kepada warga.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan kunjungan Jokowi ke Sultra untuk memastikan pemda aktif dalam penanganan COVID-19. Jokowi juga terus menggenjot agar target vaksinasi per hari tercapai.

"Seperti kita ketahui Bapak Presiden ingin mendorong vaksinasi massal terus digalakkan mengejar target 1 sampai 2 juta vaksin per hari," Heru menambahkan.

Jokowi juga diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Di sini, Presiden memberikan pengarahan kepada gubernur, bupati, dan wali kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara dalam penanganan COVID-19," kata Heru.

Heru menjelaskan bahwa dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan mengingatkan kepala daerah untuk mengoptimalkan posko-posko PPKM Mikro yang ada di wilayah desa dan kelurahan dalam mengatasi penyebaran COVID-19. Disiplin protokol kesehatan menjadi kunci.

"Bapak Presiden mengingatkan bahwa fungsi posko adalah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," ujar Heru.

Tonton video 'Soal Vaksinasi, Polisi: Jangan Takut, di Luar Banyak Hoax':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)