Jasa Raharja Jamin Santunan Rp 50 Juta ke Ahli Waris Korban Tewas KMP Yunicee

Sui Sudnyana - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 23:40 WIB
KMP Yunicee mengalami pecah lambung dan tenggelam di perairan Gilimanuk, Selat Bali, saat sedang antre untuk bersandar di Pelabuhan ASDP Gilimanuk.
Momen evakuasi penumpang dan kru KMP Yunicee (Ardian Fanani/detikcom)
Jembrana -

Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee tenggelam di posisi utara lampu merah Gilimanuk, Bali, tadi malam. PT Jasa Raharja Cabang Bali memastikan para penumpang KMP Yunicee akan mendapat santunan.

"Menindaklanjuti musibah ini, Jasa Raharja langsung bergerak melakukan pendataan terhadap korban kecelakaan KMP Yunicee," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Bali, Dwi Sasono, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (29/6/2021).

Dwi menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan tersebut. Dia memastikan penumpang KMP Yunicee yang luka-luka akan mendapatkan biaya perawatan dan ahli waris yang meninggal akan menerima santunan.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 Tahun 2017, bagi korban meninggal dunia, ahli waris berhak menerima santunan sebesar Rp 50 juta. Sedangkan untuk korban yang mengalami luka-luka akan mendapatkan biaya perawatan maksimal Rp 20 juta," terang Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menekankan Jasa Raharja berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat untuk para penumpang. Komitmen itu merupakan wujud kehadiran negara bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan.

"Jasa Raharja, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat senantiasa mengedepankan transformasi digital pelayanan melalui sistem yang terintegrasi, sehingga memudahkan kami agar hak masyarakat atas santunan Jasa Raharja dapat diterima dengan cepat dan tepat," sebut Dwi.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), informasi yang diperoleh dari Basarnas hingga pukul 21.45 Wita, sebanyak 44 penumpang KMP Yunicee berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Evakuasi masih terus dilakukan Basarnas.

Hingga pukul 21.20 WIB tadi, jumlah penumpang KMP Yunicee yang meninggal dunia sebanyak 6 orang. Jenazah keenam penumpang tersebut telah dievakuasi ke darat.

"Pukul 21.20 Wita nelayan setempat berhasil mengevakuasi 6 penumpang dalam keadaan meninggal dunia. Dievakuasi ke Puskesmas Gilimanuk, 4 perempuan dan 2 laki-laki," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (29/6).



Simak Video "Dramatis! Proses Evakuasi Penumpang-Kru KMP Yunicee yang Karam"
[Gambas:Video 20detik]
(zak/zak)